23 Juli 2019 | Dilihat: 168 Kali
Bupati Bartim, Ampera AY Mabas
BERIKAN PESAN KEPADA PARA JEMAAH CALON HAJI UNTUK MENJAGA KESEHATAN
noeh21
PARA JEMAAH CALON HAJI JCH KAB.BARITO TIMUR 1440 H/2019 MASEHI, di Gedung Pertemuan Umum Mantawara. pada Senin (22/07/2019).
 

HiTv.Berita.com- TAMIANG LAYANG| Bupati Kabupaten Barito Timur (Bartim), Kalimantan Tengah (Kalteng), Ampera AY Mebas ingatkan para Jemaah Calon Haji, agar menjaga kesehatan dan mampu menunaikan ibadah dengan sempurna.

Hal tersebut disampaikan orang nomor satu di Bartim, saat memberikan kata sambutan yang di paparkan dalam kegiatan pelepasan JCH kabupaten Barito Timur 1440 H/2019 M yang terlaksana di Gedung Pertemuan Umum Mantawara. Senin (22/07/2019).

Kegiatan tersebut di hadiri Wakil Bupati, Kapolres, Dandim 1012 Buntok, Kepala Kantor Kementerian Agama Bartim, Ketua Pengadilan Negeri Tamiang Layang, SOPD, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta ribuan pihak keluarga yang melepas kepergian calon haji.

Bupati Bartim dalam sambutannya mengatakan, bahwa haji merupakan rukun islam yang kelima, ibadah haji adalah kegiatan berkunjung ke Baitullah (Ka'bah) untuk melakukan amalan-amalan ibadah sesuai dengan aturan syara dan dilakukan pada masa tertentu, demi memenuhi panggilan Allah dan mengharap ridha-Nya.

"Pelihara kesehatan agar mampu menunaikan ibadah dengan sempurna, karena pada dasarnya ibadah haji bukan hanya ibadah batin, tetapi juga ibadah lahir yang memerlukan fisik yang sehat dan kuat untuk dapat melaksanakan serangkaian ibadah haji", ucap Ampera.

Pelaksanaan ibadah haji bagi umat Islam adalah sebagai gambaran miniatur Padang Mahsyar, dimana seluruh umat manusia berhadapan dengan sang Khalik, hal ini akan tergambar saat pelaksanaan salah satu rukun haji yaitu di padang Arafah.

"Atas nama pemerintah daerah, maupun pribadi dan seluruh masyarakat Bartim, kami senantiasa mendoakan saudara-saudara sekalian agar tetap diberikan kekuatan lahir dan batin, serta kesehatan selama melaksanakan ibadah haji ke tanah suci untuk menunaikan rukun Islam yang kelima dan kembali ke tanah air dalam keadaan selamat".

Keberhasilan penyelenggaraan haji ini, tidak semata-mata tanggung jawab pemerintah pusat dan daerah saja, melainkan juga tanggungjawab pada partisipasi saudara-saudara para JCH, oleh karena itu tingkatkan semangat beribadah dan niatlah secara ikhlas dan khusus untuk menaikkan ibadah haji semata-mata karena Allah, tutup Ampera.

Sementara Asisten I Bartim, Rusdianor yang juga selaku ketua panitia menjelaskan bahwa keberangkatan calon haji adalah kegiatan yang di laksanakan tiap tahunnya oleh pemerintah baik dari pusat maupun kabupaten.

"Peserta calon haji untuk Bartim sebanyak 196, terdiri dari laki-laki sebanyak 86 orang, sedangkan perempuan 110 orang, yang akan berangkat menuju asrama haji Banjarbaru Kalimantan Selatan, di Banjarbaru calon haji akan mengikuti rangkaian tes kesehatan terlebih dahulu sebelum berangkat ke Arab Saudi.

Rusdianur juga mengatakan bahwa untuk jemaah calon haji di Bartim dapat melaksanakan kewajiban, baik dari mulai pendaftaran adminitrasi dan cek kesehatan semua memenuhi persyaratan.

SAIDUL
 

Terkait

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077