17 Juli 2019 | Dilihat: 206 Kali
BURSA INOVASI DESA HADIRKAN INOVASI BARU
noeh21
 

HiTv Berita.com - TAMIANG LAYANG | Pemerintah Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), laksanakan kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) cluster I bagi desa di tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Dusun Timur, Paju Epat dan Benua Lima di Aula Dinas Pendidikan, Selasa (16/07/2019).

Acara dibuka langsung oleh Bupati Bartim Ampera AY Mebas, dihadiri Wakil Bupati, Kepala Seksi Lembaga Ekonomi Masyarakat DPMD Provinsi Kalteng, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, Pendamping Desa, Kades dan Perangkat Desa, BP dari tiga Kecamatan serta tokoh masyarakat.

Bupati Batim Ampera AY Mebas mengatakan, BID merupakan salah satu bentuk kegiatan pameran, yang menghimpun kegiatan pembangunan masyarakat dari desa, yang telah dinilai inovatif, sekaligus sebagai ajang pertukaran pengetahuan, menyebarluaskan kegiatan inovatif serta penyebarluasan keberadaan Penyedia Jasa Layanan Teknis (PJLK) bagi masyarakat dan desa.

"Di Bartim saat ini mulai muncul bentuk inovasi desa, seperti Mukro Organisme Lokal (MOL) di Desa Tampa, yang bisa masuk ke menu bursa nasional, terima kasih atas usaha dalam menggali potensi desa dan selanjutnya dapat dikembangkan, sehingga benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat banyak," ujar Ampera.
 

Program inovasi desa dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa yang diorientasikan untuk memenuhi pencapaian target, melalui peningkatan produktivitas pedesaan dengan bertumpu pada tiga hal, pertama pengembagan ekonomi lokal dan kewirausahaan, baik pada ranah pengembangan usaha masyarakat maupaun usaha yang diprakarsai oleh desa.

Kedua, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), kaitan antara produktivitas pedesaan dengan kualitas SDM ini, diharapkan terjadi dalam jangka pendek, maupun dampak signifikan dalam jangka panjang, melalui investasi dibidang pendidikan PAUD TK dan kesehatan saat ini berhubungan dengan stunting.

Ketiga, penenuhan dan peningkatan infrastuktur pedesaan, khususnya yang secara langsung berpengaruh terhadap perkembangan perekonomian desa dan memiliki dampak menguat rekatkan kohesi sosial masyarakat pedesaan.

SAIDUL

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077