05 Juli 2019 | Dilihat: 145 Kali
CALON JEMAAH HAJI BATAL BERANGKAT DARI BANDARA TJILIK RIWUT
noeh21
 

HiTvBerita.com - Tamiang Layang | Calon jemaah haji asal Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah sebanyak 196 peserta batal diterbangkan dari Bandar Udara (Bandara) Tjilik Riwut Palangka Raya. Dikarenakan landasan pesawat terbang tersebut tidak memenuhi syarat, sedang perbaikan.

Hal itu disampaikan Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Bartim Hairul Anwar, "Berdasarkan surat edaran Gubernur Kalteng, yang menjelaskan bahwa landasan pesawat terbang Palangka Raya tidak memenuhi sarat, karena ada perbaikan air port", ucap  Hairul di Taming Layang, Rabu (03/07/2019).

Kendala tersebut membuat pihak Garuda Indonesia tidak berani melakukan pemberangkatan untuk calon jemaah haji berturut-turut selama dua hari, ditambah lagi dengan penerbangan-penerbangan domestik di bandara Tjilik Riwut, mungkin untuk tahun depan sudah bisa dipergunakan kembali untuk pemberangkatan calon jemaah haji Kalteng.

Menurutnya hal tersebut di sikapi dengan perubahan rute pemberangkatan calon jemaah haji Bartim, biasanya dilaksanakan berdasarkan keputusan menteri agama. Asrama Haji Kalteng adalah embarkasi antara, biasanya calon jemaah haji se Kalteng harus masuk asrama haji Palangka Raya.

Diteruskan Hairul, oleh hal yang demikian, maka untuk tahun ini dibatalkan dulu penerbangan lewat embarkasi antara, berdasarkan surat edaran Gubernur Kalteng tersebut, semua calon jemaah haji se Kalteng diarahkan untuk berangkat dari embarkasi Banjarmasin, otomatis asrama haji juga asrama haji Banjarmasin.

Perubahan tersebut juga mempengaruhi untuk anggaran dari Pemkab Bartim, karena SOP awalnya ke Palangka Raya, sehingga kita harus berkoordinasi dengan tim kesehatan, dinas perhubungan serta konsumsi.

Perkiraan kita, kalo calon jemaah haji Bartim diterima di asrama haji Banjarmasin pada tanggal 20 juli mendatang atau 21 juli dini hari diatas jam 00.00, berarti usai salat magrib berangkat, paling lambat usai salat isya.

Tapi kalau memang ada perubahan nantinya, kita akan melakukan koordinasi lebih lanjut, karena Surat Perintah Masuk Asrama (SPMA) masih belum dibagikan, karena masih ada perubahan-perubahan, termasuk cloter atau slot penerbangan.

"Slot penerbangan untuk untuk calon jemaah haji se Indonesia berubah semuanya, sebelumnya sudah ada slot penerbangan, setelah ada penambahan kuota haji untuk Kalteng dan Kalsel, sehingga bertambah dua cloter, jadi pihak angkasa pura perlu mempelajari hal tersebut", pungkasnya. 

SAIDUL

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077