29 Desember 2018 | Dilihat: 140 Kali
DI PALU WASPADAI ANGIN KENCANG
noeh21
 

HiTvBerita.com - PALU |Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas II A Bandara Mutiara Sis Aldjufri Palu mengingatkan warga Kota Palu yang mengungsi di daerah ketinggian untuk waspada terhadap angin kencang.

Hal itu disebabkan karena masih adanya "Low Pressure" atau tekanan rendah di belahan bumi utara dan selatan. Kondisi ini, menyebabkan wilayah Sulawesi Tengah khususnya Kota Palu menjadi titik pertemuan angin.

"Jadi wilayah-wilayah yang menjadi pertemuan angin antara lain Kabupaten Donggala, Parigi Moutong, Kota Palu, Sigi, Morowali Utara, dan Morowali," ujar Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II A Bandara Mutiara Sis Aldjufri Palu, Affan Nugraha Diharsya, Sabtu (29/12/2018).


Affan menjelaskan, melalui citra satelit, angin kencang di sejumlah daerah Sulawesi Tengah kemungkinan besar masih akan terjadi hingga pertengahan bulan Januari 2019.

"Untuk wilayah Kota Palu sendiri hampir keseluruhan, namun yang perlu diwaspadai yaitu di daerah pegunungan barat dan timur Kota Palu," ujar Affan.

Affan menjelaskan, di sejumlah wilayah tersebut angin akan sangat terasa kencang dibanding dengan wilayah kota.

Kondisi ini menjadi kekhawatiran bagi BMKG karena di daerah perbukitan Kota Palu seperti di Kelurahan Tondo, Petobo, Duyu dan Balaroa, masih terdapat beberapa lokasi tenda kamp pengungsian yang sudah dipastikan tidak tahan dengan terjangan angin.

"Yang lebih bahaya lagi tenda akan beterbangan seperti yang terjadi di Duyu kemarin," ungkapnya.

Untuk itu, BMKG meminta warga yang mengungsi di daerah perbukitan, agar selalu waspada terhadap angin kencang yang kapan saja menghantam beberapa wilayah.

"Warga kami minta siaga, apabila kami memberikan peringatan dini melalui pesan berantai atau medsos agar diperhatikan," harapnya.

Sebelumnya, angin kencang kencang merusak puluhan tenda pengungsian di Kelurahan Duyu, Kecamatan Tatanga, Palu, Jumat (28/12/2018).

Angin yang diperkirakan berkecepatan 10/20max Knots itu menghantam puluhan tenda warga pengungsi sekitar pukul 12.30 wita.

IQBAL

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077