21 Januari 2019 | Dilihat: 122 Kali
DPR KAWAL PERUBAHAN TATA RUANG BANTEN
noeh21
 

HITVBERITA.COM - TANGERANG | Perubahan tata ruang yang akan terjadi di Provinsi Banten. Perubahan tersebut merupakan dampak dari program strategis nasional yaitu perluasan runway Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang lokasinya berada di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang akan selalu dikawal oleh DPR RI.

Hal ini dikatakan oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera usai memimpin pertemuan Tim Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspek) Komisi II DPR RI dengan jajaran Pemkab Tangerang di ruang rapat kantor Bupati Tangerang, Tigaraksa, Tangerang, Banten, Kamis (17/1/2019).
 
“Kabupaten Tangerang ini punya beban proyek strategis perluasan Terminal 3. Kita membahas ada dua desa yang mungkin akan terekspansi oleh runway Terminal 3 dan ini proses, serta relokasinya memerlukan adanya perubahan tata ruang,” kata Mardani Ali Sera
 
Peraturan Daerah (Perda) tentang perubahan tata ruang ini, baik di Provinsi Banten, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang, menurut Mardani sudah berjalan dengan baik. Untuk itu, pihaknya akan mengawal agar perubahan tata ruang itu dapat segera disetujui.

“Ketika sudah jadi runway-nya, kita tentu perlu berpikir bagaimana masyarakat di dua desa yang tanahnya terpakai untuk perluasan runway Terminal 3 ini,” tambah Mardani.
 
Selain itu, pada kunspek ini, Mardani juga mengomentari pembentukan Kampung Reforma Agraria yang berada di Kabupaten Tangerang, kemudian redistribusi aset juga sudah dilakukan. Menurut legilator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, akan lebih bagus bilamana Kampung Reforma Agraria itu dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). 
 
"Menurut saya ini menjadi satu contoh redistribusi aset yang hakiki. Rumahnya sementara dibangun swadaya, tahun ini akan dibuat infrastruktur dan prasarananya. Kami (Komisi II) mungkin suatu saat akan mengunjunginya," pungkas legislator dapil Jawa Barat VII itu.

OTHONE
 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077