12 Juli 2019 | Dilihat: 181 Kali
Polres Kabupaten Barito Timur
GEMBLENG PELAJAR BERKERAKTER LEWAT PROGRAM PKS DAN POCI
noeh21
PATROLI KEAMANAN SEKOLAH (PKS): Kelompok siswa pelajar yang berasal dari MAN 1 Tamiang Layang, (dok.foto/saidul)
 

HiTv.Berita.com- TAMIANG LAYANG| Polres Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, siap berikan pembinaan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan Polisi Cilik (Poci) bagi pelajar setingkat SMA sederajat, pelajar SMP bahkan hingga pelajar SD pun tidak luput disasar untuk diberikan pembinaan terkait pembinaan PKS dan Poci tersebut.

Tidak mengherankan jika menyaksikan rangkaian acara HUT Bhayangkara Ke-73, yang dilaksanakan dihalaman Mapolres Bartim, pada Kamis (11/7) kemarin itu, dimana kehadiran para pelajar yang tergabung dalam kelompok PKS dan Poci tersebut , penampilannya sangat menarik perhatian bagi para tamu undangan dan masyarakat luas Bartim.  

Sebelumnya PKS dan Poci juga telah membawa harum nama daerah Bartim, ketika meraih kategori Juara pada  perlombaan Tingkat Provinsi pada tahun 2018 lalu, dimana PKS berhasil meraih juara ketiga sedangkat Poci menduduki peringkat keempat. Padahal Pemkab Bartim baru pertama kalinya mengirimkan perwakilan pada perlombaan tersebut, namun mereka sudah bisa berprestasi dalam mengharumkan nama daerah dan sekolah.

Kehadiran Kelompok PKS dan POCI di HUT Bhayangkara Ke-73, di Mapolres Bartim (11/7), Kamis kemarin. (dok.foto/saidul).

POLISI CILIK (POCI) : yang beranggotakan kelompok pelajar dari sekolah MIN 1 Tamiang Layang, penampilan mereka di acara HUT Bhayangkara Ke-73 di Mapolres Barito Timur pada Kamis (11/7) kemarin. (dok.foto/saidul)

Kapolres Bartim AKBP Zulham Effendy SIK, MH melalui Kasat Lantas Iptu Sugeng, SE mengatakan, bahwa saat ini PKS dan Poci yang dibina dibawah Polres Bartim ada 2 sekolah, yakni PKS dari sekolah MAN 1 Tamiang Layang dan Poci dari MIN 1 Tamiang Layang.

Kalau ada sekolah lainnya yang ingin kita berikan pembinaan untuk PKS dan Poci, secara tehnis kami siap memberikan pembinaan, karena kita juga ingin menanamkan kedisiplinan, kepada anak-anak pelajar, membangun karakter, mengajarkan kepatuhan tata tertib berlalu lintas sejak dini serta melatih mental mereka.

Kegiatan tersebut juga akan ,menjalin komonikasi sehingga bisa terjalin hubungan keakraban antara polisi dan anak-anak, hal tersebut sejalan dengan program polisi sahabat anak, jelas Sugeng.

Kalau ada sekolah lainnya yang ingin memberikan pelatihan PKS dan Poci silahkan berkoordinasi dengan kami, pada prinsipnya kami siap untuk memberikan pembinaan, biar kita bisa atur jadwalnya, kalau untuk untuk anggaran memang dari kita tidak ada, silahkan yang programkan, untuk tenaga pembinanya kami dari Polres akan bantu, papar Sugeng.

Sementara itu Erna Wati orang tua salah satu murid MIN 1 Taming Layang sangat mendukung dengan adanya Poci di seklolah "Saya sangat mendukung dan mengapresiasi apa yang telah dilskukan Polres Bartim, yang telah mau membina anak-anak", ungkap Erna.
Dengan adanya Poci anak-anak tidak lagi merasa takut kepada polisi, anak juga bisa belajar sapan santun dan tata berlalu lintas sejak dini.

Sudah seharusnya pihak sekolah maupun dinas pendidikan mendukung, bahkan harus mengganggarkan untuk kegiatan tetsebut, pungkasnya.

SAIDUL  
 

Terkait

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077