05 Juli 2019 | Dilihat: 148 Kali
HARAP KENDARAAN BERMOTOR LENGKAPI ADMINISTRASI
noeh21
 

HiTvberita.com - TAMIANG LAYANG | Kesadaran masyarakat di perlukan untuk meningkatkan pembangunan daerah sekaligus pula dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari hasil pajak. Untuk itu, diharapkan agar semua pemilik kendaraan bermotor patuhi Administrasi.

Hal tersebut diutarakan,  Plt Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Pendapatan Daerah (PPD)  Sarles, di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Tamiang Layang Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (04/06/2019).

"Pembayaran pajak selama ini bagi kendaraan pribadi dan perusahaan di Barito Timur sendiri yang tertunggak kurang lebih 30% wajib pajak, dan kita sudah memberikan surat pemberitahuan melalui kantor pos, dan pihak kantor pos itu sendiri menyampaikan kepada pemilik kendaraan yang macet pajaknya atau terlambat", ucap Sarles

Dirinya juga mengatakan bahwa untuk melakukan pembayaran pajak tidaklah sulit, hanya membawa foto kopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), sedangkan untuk menghidupi plat nomor kendaraan membawa KTP, STNK dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

"Untuk melakukan pembayaran sangatlah mudah, lengkapi persyaratan lengkap, minimal 5-15 menit selesai. Sedangkan untuk mengganti plat nomor kendaraan bermotor pengurusannya sangatlah mudah hanya membutuhkan waktu sekitar 25 menit, namun untuk platnya menunggu waktu sampai 6 bulan, karena pembuatan plat itu sendiri kita lakukan di Palangkaraya, sebab di sini belum ada mesinnya", jelas Sarles.

Sarles berharap, agar masyarakat pemilik kendaraan bermotor sekiranya dapat memenuhi administrasi perpajakan sebelum telat waktu, dirinya juga menghimbau kepada pemilik kendaraan yang telat pajak, bila terlambat 1 sampai 14 hari keterlambatan pembayaran, maka akan dikenakan denda sebesar 25% dari pokok pajak, untuk perbulannya akan dikenakan tambahan sebanyak 2% hingga 48%.

"Kita berharap masyarakat pemilik kendaraan agar sekiranya memiliki kesadaran diri untuk membayar pajak kendaraan bermotor, sesuai peraturan perundang-undangan. Karena pada dasarnya pajak itu digunakan pemerintah untuk pembangunan daerah, dari masyarakat kembali ke madyarakat", pungkas Pria yang baru saja 8 bulan menjabat sebagai Plt, UPD. PPD Samsat Tamiang Layang tersebut. 

SAIDUL

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077