12 Januari 2019 | Dilihat: 214 Kali
JALAN PERBATASAN KALTIM - KALTARA AKAN SEGERA RAMPUNG
noeh21
 

HiTvBerita.com - BALIKPAPAN | Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) terus mengejar target pembangunan insfrastruktur Indonesia, hal ini sesuai dengan Nawa Cita pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla yaitu membangun Indonesia dari pinggiran, dalam rangka menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan, pembangunan jalan di daerah perbatasan tetap menjadi agenda prioritas pemerintah. Termasuk, salah satunya pembangunan jalan di kawasan perbatasan Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara).

Selain Pos Lintas Batas Negara (PLBN) dan infrastruktur permukiman di perbatasan, pemerintah juga membangun jalan paralel di perbatasan. Di Kalimantan sendiri, melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XII selama dua tahun terakhir, telah membangun dan membuka sebagian jalan perbatasan di kawasan ini. Dari total 1.067 km jalan perbatasan, 983 km sudah tembus dan fungsional. Jalan perbatasan di Kalimantan akan terkoneksi dengan Trans Kalimantan sepanjang 1.920 km.
 

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XII, Ditjen Bina Marga Refly Ruddy Tangkere mengatakan bahwa jalan akses menuju perbatasan merupakan fasilitas menuju pintu perbatasan RI - Malaysia, yang terdiri atas ruas jalan Malinau - Semamu - Long Bawan - Long Midang dan Mensalong - Tau Lumbis.

Refly berharap, dengan adanya pembangunan Trans Kalimantan ini, masyarakat tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan bahan pokok, dan diharapkan juga bisa menjadi gerbang ekspor produk lokal Indonesia menuju negara tetangga.
“Seluruhnya akan tembus dan fungsional pada 2019,” harap Refly.

Selain ekspedisi jalan perbatasan, dilaksanakan pula peninjauan terhadap progress pembangunan Jembatan Pulau Balang yang akan selesai pada akhir 2019 dan Jalan Tol Balikpapan - Samarinda yang diproyeksikan akan beroperasi April 2019 mendatang.

EKA SEFTY

Terkait

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077