26 Desember 2018 | Dilihat: 245 Kali
JALUR KA SEMARANG-YOGYAKARTA BAKAL DILENGKAPI STASIUN DEPO PASIR
noeh21
 

HiTvBerita.com - SEMARANG | Rencana pembangunan jalur Kereta Api (KA) Semarang-Yogya yang direncanakan pada 2023 akan dilengkapi dengan kebutuhan-kebutuhan industri. Sepanjang jalur tersebut, nantinya ada stasiun untuk mengangkut peti kemas, hingga stasiun khusus untuk depo pasir di Muntilan.

Kepala Bidang Jaringan Transportasi dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan Jawa Tengah, Henggar Budi Hanggoro, mengatakan, ada beberapa stasiun di rute tersebut untuk menampung kebutuhan industri. Selain untuk rute angkutan massal, jalur KA tersebut juga untuk angkutan barang.

“Stasiun di jalur itu nanti multi fungsi. Di Magelang, ada beberapa stasiun, mulai dari Secang ada drypot (daerah industri), Peti Kemas. Ada KA Barang, KA orang,” ujar Henggar, Rabu (26/12/2018).

Moda transporasi KA, kata Henggar, dari Semarang ke Yogyakarta akan memberi alternatif transportasi massal antara dua daerah itu. Salah satu stasiun di Magelang akan dibangun di Muntilan. Di titik itu, akan dibangun khusus untuk mengangkut material pasir dari Gunung Merapi.

Saat ini, pasir diangkut melalui truk-truk dan tidak jarang memenuhi jalanan Semarang-Yogyakarta. Jika di Muntilan ada KA depot pasir, maka truk pasir yang berjalan memenuhi jalanan Semarang-Yogyakarta, nanti akan diganti dengan KA.
 

Di Magelang, lanjut Henggar, juga ada stasiun di daerah Palbapang. Di titik itu, nantinya KA dari Semarang-Yogyakarta akan disambungkan dengan Light Rail Transit (LRT) menuju kawasan wisata Candi Borobudur. Sedang untuk di Palbaplang (Magelang) nantinya menggunakan KA ringan atau LRT untuk menuju Borobudur.

Henggar mengatakan, saat ini pemerintah mematangkan rencana ini, termasuk dengan Komite Penyediaan Infrastruktur Pemerintah (KPPIP) yang akan mengkaji sinergitas KA dengan rencana tol Bawen-Yogyakarta.

Total panjang ruas KA Semarang-Yogyakarta direncanakan sepanjang 121 km, terdiri dari 102 km di wilayah Jawa Tengah dan 13 km meter di wilayah Yogyakarta. Dari total 121 km, sepanjang 78 km mengunakan konstruksi baru dan sepanjang 42 km adalah jalur eksisting. Jalur terpanjang ada di Kabupaten Semarang mencapai 47 km, sedangkan jalur terpendek di Kota Magelang sepanjang 1,1 km.

Selain itu, pemerintah nantinya juga akan mengintegrasikan pembangunan KA ini dengan akses menuju kawasan candi Borobudur sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Jalur yang dibangun diperkirakan sepanjang 8,9 km. Akan dibangun pula untuk siding depo pasir sepanjang 3,5 km.

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077