25 Juni 2019 | Dilihat: 215 Kali
Untuk Meningkatkan Kualitas Pertanggungjawaban Keuangan
KESBANGPOL BERIKAN PEMBEKALAN TERKAIT LAPORAN ADMINISTRASI LPJ
noeh21
 

HiTvBerita.Com- TAMIANG LAYANG| Pembekalan dan pemberian materi yang dilakukan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kepada beberapa Partai Politik (Parpol) terkait Laporan pertanggungjawaban (Lpj).

Hal tersebut dilakukan agar setiap Parpol paham tentang PKPU nomor 36 tahun 2018 tentang PPK, PPS, KPPS dan TPS, serta Peraturan Pemerintah (PP) nomor 01 tahun 2018 tentang bantuan keuangan bagi Parpol yang memperoleh kursi di dewan.

Pelaksanaan kegiatan pembekalan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kesbangpol Bartim Argianto, sedangkan untuk materi disampaikan oleh Kepala Bidang Politik dan Kemasyarakatan Ahamad. Turut hadir pada kegiatan tersebut masing-masing perwakilan parpol, kegitan belangsung di Aula Kesbangpol pada selasa (25/06/2019).

Kepala Kesbangpol Bartim Argianto dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan yang di laksanakan cukup penting, untuk lebih meningkatkan kualitas pertanggungjawaban keuangan Parpol yang memperoleh kursi di DPRD Bartim, dirinya menyebutkan jumlah Parpol yang memperoleh kursi sebanyak  9 parpol untuk periode 2014-2019, selanjutnya akan diteruskan oleh Parpol yang memperoleh kursi pada periode 2019-2024.

"Ada 9 Parpol yang memiliki Kursi di DPRD Bartim, hal ini sesuai dengan amanat Permendgri nomor 77 tahun 2014 dan PP nomor 01 tahun 2018 tentang perubahan kedua atas PP nomor 5 tahun 2009 tentan Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik", ucap Argianto.

Argianto juga mengatakan bahwa berdasarkan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2019 ada dua opini disampaikan, yang pertama Lpj nya sesuai dengan peraturan yang berlaku, yang kedua BPK belum menyatakan pendapat dari Lpj bantuan keungan dari parpol.

"Saya berharap khusus untuk bantuan keuangan agar dapat sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam PP, sehingga Laporan pertanggungjawaban (Lpj) keuangan parpol tidak lagi ada masalah atau menjadi temuan", harapnya.

Argianto juga menekankan kepada parpol yang ada perbaikan Lpj keuangannya agar segera dapat menindaklanjuti sesuai aturan dan arahan yang tertera. Pungkasnya.

 SAIDUL
 

Terkait

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077