28 Desember 2018 | Dilihat: 149 Kali
KOTA BEKASI GELAR CAR FREE NIGHT
noeh21
 

HiTvBerita.com - BEKASI | Pemerintah Kota Bekasi akan menggelar Malam Bebas Kendaraan (Car Free Night) saat malam pergantian tahun disepanjang Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, mulai pukul 22.30 WIB hingga 00.30 WIB, ketentuan pengalihan arus lalua lintas dilakukan selama pergelaran Car Free Night.

"Car Free Night dari mulai fly over Summarecon sampai simpang BCP (Bekasi Cyber Park). Kita tutup karena di situ nanti pusat perkumpulan warga," ujar Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional (Dalops) Dishub Kota Bekasi, Bambang Putra, ketika dihubungi, Kamis (27/12/2018).

Bambang mengimbau masyarakat untuk melewati jalur alternatif, yaitu Jalan Rawatembaga dan Jalan Kemakmuran. Menurutnya, kedua jalur itu bisa menjadi alternatif bagi pengendara dari arah Tol Bekasi Barat ataupun dari Jalan Ir H Juanda.

"Seperti biasa kearah Bulan-bulan (Jalan Ir H Juanda) nanti bisa melalui Jalan Rawatembaga dan (Jalan) Kemakmuran. Lalu begitu juga yang mengarah Tol Barat. Begitu juga tol (Bekasi) barat ke arah (Bekasi) utara," ujar Bambang.

Bambang mengatakan tempat parkir telah disediakan di gedung parkir Stadion Patriot Candrabaga, halaman Pemkot Bekasi, Jalan Rawa tembaga 1, Jalan Rawa tembaga 2, dan Jalan Rawa tembaga 3. Sekitar 100 personil dikerahkan untuk mengamankan Car Free Night.

"Masyarakat yang ingin ke perayaan malam pergantian tahun bisa ke car free night yang diadakan resmi oleh Pemda Kota Bekasi dan yang berpergian silahkan melewati ruas jalan alternatif yang sudah kita sediakan, yaitu Jalan Rawa tembaga dan Jalan Kemakmuran," ujar Bambang.
 

Sementara itu untuk menghadapi kegiatan tersebut, sejumlah titik-titik kawasan rawan macet di Kota Bekasi sudah dipetakan. Setiap titik rawan macet akan ditempatkan 2 hingga 7 personel Kepolisian, ada sekitar 23 pos pengamanan telah disiagakan.           

Kasubag Humas Polres Metro Bekasi Kompol Erna Ruswing, mengatakan di seluruh wilayah Kota Bekasi, ada 25 titik rawan kemacetan, di kantornya, Jalan Pramuka nomor 79, Bekasi Selatan, Kamis (27/12/2018).

"Itu (pospam) buat pos anggota mengatur lalin, untuk pengaduan dari masyarakat apabila membutuhkan bantuan, mau tanya jalan ke mana, terus biasanya ada dia kecopetan atau apa dia bisa datang ke situ (pospam), terus kita arahkan di mana dia harus melaporkan," ujar Erna.

Erna mengimbau agar masyarakat tidak melakukan konvoi saat malam pergantian tahun, juga mengingatkan masyarakat untuk tidak bermain petasan.

"Kita tidak usah membakar petasan. Kita juga sudah melakukan penelusuran yang menjual petasan," ujar Erna.

Erna mengatakan 1945 personil gabungan dikerahkan untuk mengamankan malam pergantian tahun. Polres Bekasi Kota bekerjasama dengan Polri, Satpol PP Bekasi, dan Dishub Kota Bekasi untuk mengamankan kegiatan Car Free Night perayaan tahun baru.

Titik-titik rawan macet saat perayaan malam tahun baru diperkirakan akan terjadi di sekitar,
1. Simpang Giant Bekasi
2. Simpang Bekasi Cyber Park
3. Simpang Kayuringin
4. Putaran depan RS Mitra Keluarga
5. Putaran depan Samsat Kota Bekasi
6. Putaran depan Pemkot Bekasi
7. Simpang Pemkot Bekasi
8. Depan SPBU Giant
9. Simpang Pekayon
10. Simpang Rawa Panjang
11. Simpang Bendungan
12. Bulan-Bulan
13. Simpang proyek
14. Simpang Jalan Kartini
15. Simpang RS Bella
16. Simpang Terminal Bekasi
17. Simpang Rawa Semut
18. Simpang Unisma
19. Simpang Bulak Kapal
20. Simpang lima Jatibening
21. Simpang Sumber Arta
22. Simpang Perjuangan
23. Simpang Superindo
24. Simpang Kranji
25. Simpang Perumnas 1

OTHONE

Terkait

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077