01 April 2019 | Dilihat: 187 Kali
PEMPROV SULSEL SIAP LAKSANAKAN PEMILU 2019
noeh21
 

HiTvBerita.com - MAKASAR | Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sudah siap melaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Dari informasi yang didapatkan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak mengalami masalah dalam mendistribusikan surat suara, bahkan pendistribusiannya sudah dilakukan sampai ke pulau-pulau terjauh. Jumlah surat suara yang rusak juga dilaporkan. Daftar Pemilih Tetap (DPT) juga tidak ada masalah.

Penilaian tersebut dilontarkan oleh Anggota Komisi II DPR RI Azikin Solthan saat memimpin Tim Kunjungan Reses Kerja Komisi II DPR RI ke Provinsi Sulawesi Selatan, Jumat (29/3/2019).
 
“Kendala yang dihadapi yaitu jangan sampai ada pihak-pihak atau instansi-instansi lain yang ikut mengeluarkan surat keterangan (suket). Suket itu sendiri diperlukan karena ada orang yang telah melakukan perekaman untuk KTP Elektronik, tetapi belum selesai KTP Elektroniknya itu,” jelasnya.
 
Selain itu, ada sedikit kendala terkait pelatihan bagi saksi-saksi partai politik. Dimana sampai saat ini masih ada parpol-parpol yang belum mengirimkan nama saksinya untuk dilatih di Bawaslu. Politisi Partai Gerindra itu menyampaikan, dalam ketentuan (peraturan) yang berlaku, disebutkan bahwa saksi di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS)  adalah saksi yang sudah dilatih oleh Bawaslu.
 
Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan bahwa sebagian besar logistik surat suara sudah didistribusikan. Dikatakannya, khusus untuk daerah terpencil, ditargetkan pada awal bulan April sudah selesai didistribusikan.
 
"Kendala yang masih dihadapi adalah terkait pengiriman dan pendistribusian surat suara ke daerah-daerah terpencil. Karena akses untuk menuju ke lokasi pengiriman sangat sulit ditempuh. Namun sudah ada komitmen dari KPU bahwa diupayakan pendistribusiannya bisa selesai tepat waktu sesuai dengan perencanaan," pungkasnya.

IQBAL

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077