10 Juli 2019 | Dilihat: 822 Kali
PULUHAN KARYAWAN PT PCN TAHAN TRONTON BNJM GRUP
noeh21
 

HiTVBerita.com - TAMIANG LAYANG | Aksi unjuk rasa yang dilakukan puluhan karyawan PT Patriot Cinta Nusantara (PCN) Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah, dengan melakukan penyetopan hauling armada tronton pengangkut batubara PT Bangun Nusantara Jaya Makmur (BNJM) di Jalan Pertamina atau yang biasa disebut Jalan Eks Pertamina KM 38 sejak senin (08/07/2019) pagi.

Aksi unjuk rasa yang dilakukan karyawan PCN, dengan menghalangi jalan hauling dengan dua unit alat berat, akan terus dilakukan hingga adanya kesepakatan antar pihak.

Koordinator Aksi unjuk rasa Fidelis mengatakan, unjuk rasa ini dilakukan karena sebagian penambang batubara, BNJM grup yang melewati jalan ini ada tidak membayar biaya patungan atau gotong royong untuk biaya perbaikan jalan hauling ini, kepada Perkumpulan Pertambangan Batubara (PPB) atau yang sebulumnya lebih dikenal dengan sebutan Asosiasi Penambang Batubara (APB).

“Akibat keterlambatan pembayaran perusahaan kepada PPB, sehingga terlambat juga membayar kepada perusahaan kami PCN, selaku pelaksana perbaikan jalan hauling, akibatnya gaji kita juga belum dibayar, untuk nilai nominalnya kita juga kurang jelas itu urusan atasan”, ucap Fidelis.

Biasanya jika awal bulan pada tanggal satu hingga tanggal lima itu sudah dibayar, namun hingga saat ini masih belum dibayar, sehingga kita melakukan aksi unjuk rasa ini, Sesuai Arahan Pimpinan Kita

Adapun biaya urunan tersebut, maksudnya untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM), sewa alat berat serta material, armada yang kita tahan adalah armada yang dari BNJM yang biasa mengangkut batu bara milik BNJM.

Adapun lama aksi unjuk rasa yang kami lakukan ini, tergantung kesepakatan para pimpinan perusahaan, sampai ada kesepakan antara pimpinan perusahaan.
“Kami berharap agar PT. BNJM segera melunasi tunggakan kepada APB, sehingga APB bisa membayar kepada perusahaan kami dan kami selaku karyawan bisa mendapakan hak kami yaitu gaji selaku karyawan yang mengerjakan perawatan jalan hauling ini”, harap Fidelis.

Dari pantauan  dilapangan, hingga Rabu (10/7/2019) pagi ini aksi unjuk rasa yang dilakukan puluhan karyawan PCN masih berlangsung.
 

Sementara itu Humas PT Maslapita, Markus Leleury mengatakan yang ditahan ini katanya hanya BNJM, tapi ada beberapa armada perusahaan lain yang ikut ditahan, kalo memang demo kenapa tidak semua yang ditahan.

Demo ini kan kepada perusahaan yang merupakan subkon, sementara mereka subkon dari PT
Senamas Energindo Mineral (SEM), yang harusnya mereka demo itu adalah SEM, kalo masalah keterlambatan gaji yang mereka terima.

Banyak perusahaan yang dirugikan dengan aksi ini, selain BNJM, Trisula, Maslapita, Bumi Berkat Sadar, Bartim Colindo dan Putra Asiano yang turun dari atas melewati jalan holing ini.
“Dengan adanya aksi unjuk rasa ini kita sangat dirugikan, sebaiknya secepatnya ada pertemuan para pucuk pimpinan untuk mendiskusikan masalah ini, harus ada pertemuan kembali antara SEM dan BNJM”, pungkas Markus.

SAIDUL

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077