25 Januari 2019 | Dilihat: 168 Kali
RIBUAN NELAYAN CIREBON TAK MELAUT
noeh21
 

HiTvBerita.com - CIREBON | Gelombang tinggi akibat cuaca buruk yang sedang melanda perairan Cirebon, membuat ribuan nelayan di Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat memilih tak melaut.

Ketua Forum Nelayan Gebang Subadi mengaku tak berani ambil risiko untuk melaut. Sudah lebih dari tiga hari Subadi tak melaut, begitu dengan 5.600 nelayan yang ada di Gebang sebagian besar memilih tak melaut.

"Ini karena ada angin barat. Jadi, gelombangnya itu tinggi-tinggi. Bisa sampai 3 meter, membahayakan nelayan. Mayoritas nelayan memilih tidak melaut," kata Subadi di Desa Gebangmekar, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat (25/1/2019).

Saat ini, lanjut dia, kecepatan angin di perairan Cirebon terbilang tinggi. Kondisi angin kencang ini bakal terjadi hingga empat hari kedepan. Kendati kondisi cuaca buruk, Subadi tak menampik sejumlah nelayan Gebang masih ada yang memaksa untuk melaut.

"Yang melaut masih ada. Tapi di pinggiran saja, tak sampai ke tengah. Ya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," kata Subadi.

Subadi menambahkan saat cuaca buruk mayoritas nelayan memilih memperbaiki perahu, jaring, dan alat melaut lainnya.

Terpisah, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta nelayan di Cirebon dan sekitarnya mewaspadai cuaca buruk yang mengakibatkan gelombang tinggi. Prakirawan Cuaca BMKG Stasiun Jatiwangi Kabupaten Majalengka, Ahmad Faa Iziyn menyebutkan saat ini sejumlah wilayah dilanda angin kencang, termasuk Laut Jawa bagian utara Jawa Barat hingga Jawa Timur.

"Angin kencang itu disebabkan adanya awan gelap atau biasa disebut Cumulonimbus. Tak hanya menyebabkan hujan deras, awan gelap itu bisa menimbulkan angin kencang yang berdampak pada tingginya gelombang laut," kata Faa Iziyn, Jumat (25/1/2019),

Menurut Faa Iziyn, tinggi gelombang air laut di perairan Cirebon normalnya hanya 1 meter sampai 1,25 meter. Karena cuaca buruk, lanjut dia, gelombang perairan Cirebon bisa mencapai 3 meter.         

MUST KEY
 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077