20 Juli 2019 | Dilihat: 446 Kali
SUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH
noeh21
 

HiTv Berita.com  - TAMIANG LAYANG  | Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) ditargetkan air bersih tersedia di setiap Desa se-Kabupaten Barito Timur (Bartim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Zain Rahman, selaku Distrik Koordinator menyampaikan materi kepada peserta yang mencakup 15 desa wilayah Bartim, dalam kegiatan KP-SPAMS Desa Baru, Program Pamsimas III Kabupaten Bartim tahun 2019.
“Program yang dilaksanakan Pamsimas masuk dalam anggaran tahun 2016 ini, sesuai dengan komitmen dari Bupati sekitar 30 Desa, yang harus dipenuhi untuk Bartim,” paparnya, Jumat (19/07/2019).

Untuk wilayah Bartim sendiri, lanjut Zain, program tersebut tahun 2019 mencapai  39 desa yang sudah memiliki surat keterangan (SK), dan memasuki untuk tahun 2020 ditawarkan kembali program tersebut sampai 16 desa untuk Bartim.
 
“Semua itu tergantung kepada Pemerintah Desa, apakah bisa menjalankan program tersebut, karena program ini menggunakan dana shering dari dana APBN dan APBDes, karena keinginan dari pemerintah di setiap desa harus memiliki air bersih dan sanitasi yang baik, dan untuk Barito timur sendiri cukup maksimal dengan hasil kurang lebih 85% sampai saat ini dan terbaik di Kalteng,” ungkapnya.

Zain juga mengingatkan, apabila dalam pelaksanaan program tersebut terdapat kendala, sebaiknya dilakukan secara musyawarah mufakat melalui aparatur Desa. Bisa di diskusikan terlebih dahulu apabila terjadi kekurangan atau kendala baik di lapangan maupun administrasi yang dilakukan pihak desa dan Rencana Kerja Masyarakat (RKM) atau pembimbing.

"Program yang kita laksanakan melalui RKM untuk melakukan pembangunan air bersih tersebut yang dikelola oleh masyarakat desa dan Pamsimas sendiri sebagai pengawas atau pembimbing dalam pelaksanaan program tersebut", ucap Zain.
 

Keinginan dari Pamsimas sendiri dalam program tersebut seharusnya dapat bermanfaat untuk masyarakat desa. Dan dalam pengelolaannya sebaiknya desa dapat mengelola seperti Perusahaan Air Minum Mini, yang dapat ditarik iuran dengan memaksimalkan masyarakat agar dapat menjadi masukan untuk masyarakat desa itu sendiri dengan dananya dapat juga digunakan sebagai perawatan dan lain-lain.

Pelaksanaan kegiatan tersebut untuk memberikan arahan kepada peserta masyarakat yang sudah masuk program Pamsimas, yang sudah berjalan dan sudah diserahkan untuk desa, agar kiranya dapat memaksimalkan penggunaan sanitasi dan air bersihnya dapat berfungsi dan berlanjut.

"Kita terus melakukan kegiatan ini untuk memberikan arahan kepada masyarakat desa, dan adapun kendala yang didapat pastinya ada, maka dari itu setiap tahun kita memberikan arahan dan bimbingan, dan masyarakat bisa menyelesaikan permasalahan tersebut dengan aparat desa. “Karena pastinya ada kendala kerusakan, tidak berfungsinya pengairan maka dari itu kita memberikan bimbingan baik teknis maupun administrasi", ucap Zain kepada saat di wawancarai usai kegiatan.

Zain juga mengharapkan kiranya masyarakat desa dapat memaksimalkan Project program tersebut, dan dengan adanya kegiatan seperti ini masyarakat desa dapat menyelesaikan masalah atau kendala yang ada di lapangan.
"Sebagai pansimas hanya dapat mendampingi setelah dapat adanya penyerahan Project tersebut", pungkasnya.

SAIDUL

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077