22 Juli 2019 | Dilihat: 330 Kali
TIM BUSER 77  POLRESTA KOTA KENDARI TANGKAP PELAKU PEMBUNUHAN
noeh21
 

HiTvBerita.com - KENDARI | Berawal dari gegernya warga dengan penemuan mayat sesosok laki-laki yang tergeletak kaku penuh luka tepat diselokan depan tembok pagar rumah warga, yang terletak di jalan Syech Yusuf Korumba Kecamatan Mandonga Kota Kendari.

Oleh Tim Polresta Kota Kendari bersama Kapolres AKBP Jemi Junaidi, langsung menuju tempat kejadian perkara (TKP), usai mendapat laporan warga setempat dan langsung di bawa kerumah sakit Bhayangkara untuk melakukan otopsi kepada korban pembunuhan tersebut. 

Sementara itu, Dokter Forensik Polda Sultra Kompol DR dr Mauluddin SPF MH mengungkapkan hasil visum yang dilakukan Rumah Sakit Bhayangkara Kota Kendari Dokter Raja ahli Forensik Kedokteran OHU bersama Tim Dokpol, kematian korban diperkirakan sekitar jam 12 tengah malam, dengan penyebab kematian luka tusuk di daerah perut yang dilakukan berkali kali.

Selang dalam kurun waktu satu kali dua puluh empat jam, tepat pukul 16.00 Wita minggu sore 21 Juli 2019. Tim Buser 77  Polresta Kota Kendari telah menangkap terduga pelaku, pembunuh salah satu presenter TVRI Abu Saila Alias Aditya,yang juga salah satu ASN dilingkup Dinas Pariwisata Propinsi Sulawesi Tenggara.

Oleh tim sergap, pelaku ditangkap tepat dirumah kost pacar pelaku yang berada dijalan abunawas kota kendari.

Sebelumnya istri korban Yuliati sempat melapor ke pihak piket Polsek Baruga
atas hilangnya korban, ia melaporkan bahwa suaminya tidak pulang ke rumah serta nomor handphonenya tidak dapat dihubungi.

Dalam laporannya diketahui korban sebelumnya, meninggalkan rumah pada hari Sabtu tanggal 20 Juli 2019 sekitar pukul 20.00 Wita dengan tujuan untuk membayar paket indihome melalui ATM, dengan menggunakan mobil Avanza warna putih dengan nomor polisi DT 1380 IE.

Kapolresta Kota Kendari AKBP Jemi Junaidi mengungkapkan dari penyelidikan sementara, bahwa pelaku melakukan aksi sadisnya tepat pukul 21.00 wita, dan langsung saja meninggalkan sikorban dengan menggunakan kendaraan roda empat milik korban.

"Sekitar jam 21.00 WITA kemudian pelaku mengeksekusi si korban ini ditempat dimana korban ditemukan, yaitu di syech yusuf”, ujar AKBP Jemi Junaidi dalam Konpresnya Di ruang Satreskrim Polsek Kota Kendari sore dini hari (21/07/2019).

Kapolres juga mengungkapkan bahwa terduga pelaku atas nama Achfi Suhasim umur (29) tahun melakukan aksi sadisnya tepat di dalam kendaraan Korban sendiri.

“Dalam mobil, kemudian sikorban lari lompat keluar jatuh diselokan tersebut, melihat kejadian itu, pelaku langsung lari membawa mobil, diparkir di SMA 9 depan taman perombua”, ungkap Kapolres saat memberikan keterangan dihadapan para wartawan.

Dalam penyelidikan itu, pelaku AS dalam melakukan aksinya dengan menggunakan senjata tajam badik jenis pisau yang dihunus ke bagian perut korban.
“Badik-badik ini sudah dibuang di pinggiran Kendari Beach, nanti kami akan melakukan pencarian”, ungkapnya pula.

Akibat perbuatannya, AS dijerat Pasal 338 dengan hukuman setidaknya 15 tahun penjara dan pasal 340 dengan ancaman pindana mati atau pidana seumur hidup, atau selama waktu tertentu paling lama 20 tahun.

Hingga saat ini pelaku sedang dalam tahap pemeriksaan Ditreskrim Polresta Kendari guna mendalami peristiwa pembunuhan tersebut, usai digelandang dari rumah kost pacar pelaku.

RISNA 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077