16 Januari 2019 | Dilihat: 143 Kali
Ditargetkan Beroperasi April 2019
TOL PERTAMA DI KALIMANTAN TERUS DIKEBUT
noeh21
 

HiTvBerita.com - BALIKPAPAN | Pembangunan Tol Balikpapan-Samarinda saat ini terus dikebut agar memenuhi target selesai pada tahun 2019. Proyek jalan tol sepanjang 99,35 km ini dikerjakan dalam lima seksi.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XII Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Refly Ruddy Tangkere mengatakan, pembangunan proyek jalan tol pertama di Kalimantan sepanjang 99,35 km ini dikerjakan dalam lima seksi, diantaranya seksi I (Balikpapan km 13-Samboja), seksi II (Samboja-Muara Jawa), seksi III (Muara Jawa-Palaran), seksi IV (Palaran-Samarinda), dan seksi V (Balikpapan-Bandara Sepinggan).

Lebih lanjut Refly mengatakan, kehadiran Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dapat memangkas total perjalanan Balikpapan-Samarinda, dari sebelumnya 125 km melalui jalan nasional eksisting. Efisiensi jarak tempuh ini juga berbanding lurus dengan efisiensi waktu perjalanan Balikpapan ke Samarinda, dari 3-4 jam jadi dipersingkat hanya 1 jam.

Dengan begitu, warga Balikpapan bisa hemat waktu 2-3 jam jika ke Samarinda lewat tol. Begitu pula sebaliknya. Pengurangan waktu tempuh itu dipandang dapat memangkas biaya logistik karena distribusi barang antar kedua kota menjadi lebih cepat.

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda diharapkan menjadi salah satu solusi upaya meningkatkan perekonomian dan pemerataan pembangunan di wilayah antar kota, khususnya di Kalimantan.

EKA SEPTY

Terkait

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077