24 Juni 2019 | Dilihat: 216 Kali
Pemprov Kalteng Anggarkan Dana Rp 37,7 Miliar
UNTUK PENINGKATAN JALAN DI WILAYAH KABUPATEN BARITO TIMUR
noeh21
DALAM PROSES PENGERJAAN, Pemprov Kalteng Angarkan Dana APBD Rp. 37,7 Miliar Untuk Peningkatan Perbaikan Jalan Mulai Dari Patung - Hayaping Sampai Bentot, Diwilayah Kabupaten Barito Timur., (dok.foto/Saidul_Jpeg)
 

HiTvBerita.Com – TAMIANG LAYANG| Proyek multiyers peningkatan jalan sedang dalam proses pengerjaan. Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah menganggarkan dana untuk perbaikan dan peningkkatan jalan Patung - Hayaping sampai Bentot di wilayah Kabupaten Barito Timur.
                   
Program peningkatan pembangunan jalan Provinsi Kalimantan Tengah terhitung dari jalan Patung - Hayaping sampai Bentot dengan memakai dana Pendapatan Asli Daerah (PAD) senilai 37.788.000.000,00,- (tiga puluh tujuh miliar tujuh ratus delapan puluh delapan juta rupiah) dengan memakan waktu selama 600 hari kalender pelaksanaan.

Pelaksanaan proyek jalan tersebut terhitung dimulai pada tanggal 7 Mei 2018 sampai dengan 27 Desember 2019 dan memakan waktu pemeliharaan selama 180 hari kalender, proyek tersebut terletak di Kabupaten Barito Timur, dan telah masuk sebagai proyek yang harus direalisasikan di tahun anggaran 2018 – 2020, dimana dalam pelaksanaannya dikerjakan oleh PT. TABALONG JAYA MARGA BERSAMA (PT. TJMB), yakni sebuah perusahaan kontraktor yang berpusat di Kabupaten Tanjung Tabalong, Kalimantan Selatan.

Menurut Eman salah satu pengawas dari pihak kontraktor, ia  mengatakan kepada awak media bahwa proyek tersebut dananya berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun  2018,  dimana PT.TJMB, lewat anggaran itu, telah diberikan kepercayaan untuk mengerjakan peningkatan perbaikan jalan mulai dari Patung, Hayaping sampai Bentot, yang panjangnya kurang lebih 30,5 KM, dengan total panjang jalan yang diaspal tersebut sekitar kurang lebih 7,5 KM.

Eman juga memaparkan perhitungan jarak pekerjaan tersebut bahwa Desa Pangkan 1.000 Meter,  Kalamus dapat 1.500 Meter, Paku Beto dapat 1.500 Meter, Hayaping  2.000 Meter, Desa Tangkan  1.000 Meter, dan Bentot mendapat pengerjaan 1.270 Meter.

Menurut Eman ada rencana dana tambahan yaitu dana reguler Desa Patung 1 Kilometer, dan di lanjutkan menuju Desa Bentot,  yang jalan holling di Antang  dapat 1 kilometer yang berada di wilayah jalan holling.

Pengawas tersebut juga mengatakan proyek tersebut anggaran yang multiyers berkisar kurang lebih 37 miliar, seperti yang tertulis di papan Surat Perjanjian Kontrak (SPK) yang terpasang, dirinya juga mengatakan pekerjaan yang dilaksanakan untuk sementara penyiapan badan jalan dan recana akan di lanjutkan pengaspalan dan kemungkinan di akhir bulan ini sudah di laksanakan.

"Pekerjaan yang kita laksanakan dalam pengawasan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Republik Indonesia dan dikerjakan sesuai SPK, sementara kita kerjakan penyiapan badan jalan dan akan di lanjutkan dengan pengaspalan sesuai proses, kemungkinan akhir bulan ini sudah di lakukan pengaspalannya", Jelas Eman.

SAIDUL
 

Terkait

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077