17 Juli 2019 | Dilihat: 164 Kali
DANA DESA HARUS HARUS TEPAT SASARAN
noeh21
 

HiTv Berita.comTAMIANG LAYANG | Penyaluran dan penggunaan Dana Desa diharapkan Pemerintah Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah, agar digunakan secara benar dan tepat sasaran sesuai kebutuhan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bartim Ampera AY Mebas, saat ditanya mengenai penggunaan Dana Desa disela-sela kegiatannya pada selasa (17/07/2019).

"Penggunaan DD harus dioptimalkan, jangan penggunaannya untuk sesuatu hal yang tidak begitu bermanfaat, ada juga desa yang membuat pos kamblingnya banyak, tapi yang jaga tidak ada, nah hal inikan tidak sesuai dengan keperluan masyarakat,” ucap Ampera.

Dilanjutkan orang nomor satu di Bartim, sebaiknya buatlah sesuatu yang memang bermanfaat bagi masyarakat, contohnya bikin titian atau jalan usaha tani, jalan ke kebun untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, karena jalan titian sudah bukan kewenangan Kabupaten lagi, bikin sumur bor untuk mengairi sawah, ini yang harusnya dikembangkan dengan DD.
 

“Boleh saja desa membuat Badan Usaha Milik Desa BUMDes atau yang lainnya, dari DD namun harus diperhitungkan dengan teliti, lanjut Ampera,” ujar Ampera lagi.

Namun demikian nantinya dari Kabupaten akan mengevaluasinya, misalnya rencana usahanya tersebut beresiko, kami mungkin tidak akan menyetujuinya.

Keabsahan BUMDes nya harus betul-betul sesuai dengan peraturan, termasuk Peraturan Desa (Perdes) nya juga harus disesuaikan dengan peraturan yang berlaku. Kita dari Kabupaten akan melihat, apa nantinya yang akan mereka kerjakan, namanya BUMDes kan usaha, bisa saja pada pelaksanaannya nanti rugi.
“Jangan sampai dana BUMDes nanti rugi, ahirnya uangnya habis atau hilang,” ungkapnya.

Adanya salah satu desa di Bartim yang menggunakan keuangannya untuk membuat sarang burung walet, inikan beresiko, kalo ternyata burung waletnya tidak mau masuk, sebaiknya peruntukkan dana desa dimusyawarahkan dulu dan dipergunakan untuk usaha yang benar-benar bisa menghasilkan, sehingga bisa berkembang,” pungkasnya.

SAIDUL

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077