13 Desember 2018 | Dilihat: 1490 Kali
Asyiknya Berburu Barang Bekas
DI PASAR LOAK JEMBATAN ITEM JATINEGARA
noeh21
JIka Beruntung Berbelanja Di Pasar Loak Jembatan Item: Dapat Barang Berkualitas Tapi Dengan Harga Yang Terjangkau. (dok.foto/yog)
 

HiTvBerita.com - JATINEGARA| Pasar Loak Jembatan Item yang terletak di Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, merupakan surganya barang-barang bekas yang kerap diserbu oleh para pengunjung untuk memenuhi kebutuhan barang yang dicarinya, dengan harga yang terjangkau, terutama oleh masyarakat berpenghasilan pas-pasan.

Maka tidak mengherankan, jika di tempat itu tawar menawar dengan nilai uang dibawah lima ribu, atau bahkan dengan nilai dibawah seribu perak pun masih menjadi hal yang biasa terlihat. Yah, itulah faktanya yang terjadi dalam putaran bisnis masyarakat kelas bawah, di Pasar Loak Jembatan Item. Surganya barang barang bekas bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Namun, tidak semuanya pengunjung yang datang ke Pasar Loak Jembatan Item berasal dari kalangan masyarakat golongan ekonomi lemah. Dari hasil penelusuran yang didapat HiTv dilapangan, ternyata para pengunjung maupun para pemilik lapak maupu bos-bos rongsok para pemasok barang-barang bekas ketempat tersebut, justru orang-orang yang memiliki kemampuan berlebih secara ekonomi. Dan, uniknya orang-orang yang berkunjung ke Jembatan Item pun sepertinya memiliki maksud tujuan yang berbeda.

Ada yang datang sekedar iseng sembari mencari-cari barang yang dia butuhkan. Ada juga yang datang karena memang mencari sesuatu barang murah untuk dijual kembali. Dan, ada juga yang datang ke tempat itu hanya sekedar mencari hiburan semata, seperti yang dilakukan Andi bukan nama sebenarnya. Ia mengaku jika ia berbelanja banyak-banyak dari tempak loak tersebut, Toh, akhirnya barang barang itu dia bagi-bagikan juga kepada orang lain yang membutuhkan.

“Saya hanya senang saja, dan itu ada kepuasan tersendiri yang saya dapat disini,” ujar Andi kepada Hitv.     

Demikian juga dengan Tukijan, ia mengatakan bahwa hampir setiap hari dirinya datang ke Pasar Loak Jembatan Item, tujuannya hanya sekedar iseng sembari berharap bisa mendapatkan barang unik yang dapat dibawanya pulang. Ia mengaku barang bekas yang pernah dibelinya dari sini antara lain adalah dari mulai strikaan, kompor gas dua tungku, gantungan baju, lukisan, tas jingjing, kipas angina, sendok makan dan juga lainnya. Bahkan, keler kaca yang ada dirumahnya yang dia gunakan untuk merendam batang ginseng dengan alcohol, didapat dari pasar loak Jembatan Item.


Suasana Keramaian Pasar Loak Jembatan Iten, Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. (dok.foto/hitv/yog)

“Semua barang yang ada di rumah saya hampir seluruhnya saya beli disini. Sebab, transaksi disini hanya butuh pengeluaran uang puluhan ribu saja, untuk mendapatkan seabreg barang yang kita butuhkan. Tapi, sebaiknya belanja ditempat ini, kita juga harus jeli dalam melihat barang-barang yang dijajakan dilapak. Jika kita mujur bisa jadi malah kita dapat harta karun,” ujar Tukijan sedikit berseloroh.


Seorang pengunjung tengah memilih barang yang dijajakan di lapak. (dok.foto/hitv/yog)


Tapi bagi Dodo, datang ke Pasar Loak Jembatan Item itu hukumnya wajib. Ia mengaku bahwa sumber penghasilan untuk menghidupi biaya keseharian dia bersama seorang istri dan tiga orang anak yang masih kecil-kecil, diakuinya didapat dari hasil jual beli barang ditempat ini.

“Lumayan lah buat nambal-nambal resiko dapur, alhamdulilah dikasih rezeki, jika kita rajin dan datang lebih awal dari yang lain dapat rezeki berlebih” ujar Dodo polos.

Dodo adalah penjual barang bekas yang lapaknya berada dipojokan pintu masuk Jembatan Item dari arah Pasar Senen menuju Terminal Kampong Melayu. Menurut Dodo perputaran uang di bisnis barang bekas di Pasar Jembatan Item cukup besar. Oleh sebab itu, lapak–lapak yang ada sepanjang 2 kilometer tersebut, nilai sewanya lumayan mahal.

“Mangkanya jangan heran, biar yang terlihat transaksinya hanya uang recehan. Tapi kalo dikali banyak dan dikali sering, uang perputaran yang ada disini bisa ratusan juta juga dalam setiap harinya,” kata Dodo sedikit berteori dalam ilmu ekonomi.

 Perputaran Uang Di Pasar Loak Jembatan Item Bisa Mencapai Ratusan Juta Rupiah Dalam Setiap Harinya. (dok.foto/hitv/yog)  


MEMANG di area sepanjang dua kilometer Pasar Loak Jembatan Item, Jatinegara,  anda bisa menemukan berbagai perlengkapan barang-barang bekas. Mulai dari sepatu, tas, jam, kipas angin, ponsel, baju, kaset, peralatan dapur, kaset, kamera, hingga barang-barang antic berwujud ukiran maupun lukisan, semuanya lengkap ada ditempat itu.  

Sesuai dengan namanya barang bekas, tentu harga barang yang dijualpun sudah pasti murah. Nah, jika para pembeli pintar menawar. Pedagang ditempat itupun tak ragu menurunkan harga dagangannya hingga terjun bebas. Alias murah banget.

“Jangan terkecoh dengan harga yang ditawarkan pedagang disini, tawarlah barang tersebut dengan harga seminim mungkin,” ujar Iwan salah seorang pengunjung yang juga rajin datang ke pasar loak Jembatan Item.

Iwan pun bercerita, bahwa sepatu original salah satu merek terkenal yang ada ditangan nya tersebut dibelinya dengan harga Rp35 ribu saja. Padahal jika beli ditoko resminya, menurut Iwan harga sepatu itu bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

“Yah pertama sih pedagang tawarin nya diatas seratus, tapi saya tetap bertahan diangka 35 ribu dan akhirnya pedagang tersebut setuju, walaupun ujung-ujungnya dia minta bonus rokok sebatang. Enggak apa-apalah yang penting saya iklas dan juga saya senang kok sama sepatunya, kondisinya masih 90 persen” katanya.  

Nah jika anda berminat datang ke jembatan Item, sebaiknya datanglah pada saat Weekend. Yakni pada hari Sabtu-Minggu. Dipastikan pada hari libur itu suasana Pasar Loak Jembatan Item dipenuhi oleh para pengunjung yang akan berburu barang-barang bekas. Sebab, biasanya pada hari libur Sabtu-Minggu pasokan barang barang yang dijajakan di lapak-lapak menjadi banyak dan beragam. Selamat berburu dan semoga mendapat harta karun!
                                                                                                                                                                                                                                     (yog/hitv)
 

Terkait

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077