22 Januari 2019 | Dilihat: 126 Kali
INVESTOR ASING LEBIH OPTIMIS PADA EKONOMI INDONESIA
noeh21
 

HiTvBerita.com - JAKARTA | Mantan Menteri Keuangan, Chatib Basri memiliki pandangan bahwa investor lokal seharusnya lebih optimis terhadap perekonomian Indonesia. Sebab, selama ini investor asing justru yang lebih optimis melihat ekonomi Indonesia ketimbang investor lokal.

Saat menjadi Menteri Keuangan, contoh Chatib, pihaknya pernah menerbitkan surat utang negara dengan jangka waktu 30 tahun. Namun surat utang tersebut tetap laku terjual.

"Waktu jadi Menteri Keuangan, kita jual obligasi pemerintah jangka waktu 30 tahun. Kalau investor tidak optimis dengan negara kita, tidak akan beli obligasi itu. Kalau kita jualan surat utang oversubcribed. Itu surat utang bukan jangka waktu 1-2 tahun tapi 30 tahun," kata dia.

Selain itu, lanjut Chatib, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada rata-rata di angka 5 persen juga sepatutnya bisa menimbulkan optimism, dimana banyak negara lain yang ekonominya tidak mampu tumbuh setinggi itu.

"Persepsi mengenai Indonesia lebih optimis kalau dilihat dari persepsi orang luar, ketimbang kita sendiri. Tumbuh 5 persen itu lebih bagus ketimbang negara lain yang 2,5 persen," tandas dia.

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077