03 Mei 2019 | Dilihat: 200 Kali
PASAR PELITA SIAP DIRENOVASI
noeh21
 

HiTvBerita.com - JAKARTA | Pada mulanya pasar merupakan tempat bertemunya pedagang dan pembeli serta terjadinya transaksi langsung. Seiring berjalannya waktu dan tuntutan konsumen pasar yang terus berubah maka pasar tidak hanya sekedar menjadi tempat bertemunya pedagang dan konsumen. Pasar sudah merupakan entitas bisnis yang lengkap dan kompleks dimana kenyamanan dan kepuasan pelanggan (consumer satisfaction) yang menjadi tujuan utama.

Untuk itu, renovasi Pasar Pelita Perumda Pasar Jaya yang terletak di Jalan Raya Sungai Bambu Kelurahan Sungai Bambu Kecamatan Tanjung Priok Kota Administrasi Jakarta Utara perlu mendapat dukungan dari semua pihak.

Hal tersebut diutarakan Kepala Pasar Ari Dautama kepada HiTvBerita diruang kerjanya, saat ditanya mengenai renovasi Pasar Pelita yang dilakukan oleh Perumda Pasar Jaya, Kamis, (02/05/2019).

“Perencanaan, pembangunan, pemeliharaan dan perawatan area pasar serta penyediaan, pemeliharaan dan perawatan sarana termasuk kelengkapan area pasar sesuai dengan fungsi Perumda Pasar Jaya, demi kemajuan dan keindahan Pasar Pelita,” ujar Ari Dautama.

Pembangunan Pasar Pelita rencananya akan menjadi 2 lantai, dimana lantai 1 (dasar) diprioritaskan bagi para pedagang yang menjual dagangan kering seperti pakaian, kelontongan dan lainnya. Sedangkan di lantai diprioritaskan bagi pada pedagang yang menjual dagangan basah diantaranya  sayur mayur, daging, ikan dan lain sebagainya.
 
“Semua jenis barang dagangan baik kering maupun basah tersedia begitu juga berbagai macam ragam jajanan kulinerpun akan disediakan pada malam hari,” kata Ari lagi.

Pembeli yang datang berkunjung ke Pasar Pelita, lanjut Ari, sebagian besar membeli kebutuhan pokok se-hari-hari alias sembako. Makanya kenapa jenis dagangan basah ada di lantai 2, gunanya agar para pengunjung juga dapat melihat-lihat dagangan kering yang berada dilantai 1.
 
“Pengunjung Pasar Pelita sebelum ke lantai 2 otomatis akan melewati lantai 1 (dasar), ini ada dampak niat untuk membeli. Yang tadinya cuma mau beli sembako, diharapkan tertarik untuk membeli keperluan lainnya,” ungkap Ari.
 


Ketika disinggung mengenai bisa atau tidak Pasar Pelita melaksanakan event-event dalam bentuk promosi sebagaimana yang dilkasanakan di mall-mall. Dengan tegas Ari Dautama menyatakan bisa saja, walaupun banyak kendala yang dihadapi.

Diakui Ari, masih terkendala dengan perijinan yang harus mengajukan ijin ke UPL. Birokrasi seperti inilah yang bisa menghambat pelaksanaan event tersebut.
“Kegitan ini tidak selalu rutin namun sering saja ada permintaan untuk mengadakan event tersebut di Pasar Pelita. Namun pad prinsipnya kita kerja proporsional, kerja keras dan berusaha agar pengunjung semakin ramai ke pasar pelita sesuai makna pelita sebagai penerang,” pungkas Ari.

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077