18 Januari 2019 | Dilihat: 145 Kali
PROGRAM SOSIAL BANK INDONESIA SUKSES DI BANGLI
noeh21
 

HiTvBerita.com - BANGLI | Dengan memanfaatkan kekayaan alam daerah, Desa Wisata Giri Alam Kintamani di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, sebagai desa yang cukup berhasil dalam mengembangkan ekonomi daerahnya. Keberhasilan desa ini menarik minat Bank Indonesia (BI) untuk dijadikan objek Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) sekaligus menjadi percontohan daerah lain.

Keberhasilan Kabupaten Bangli tersebut mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Soepriyatno usai memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI meninjau Desa Wisata Giri Alam Kintamani, Bangli, Bali, Kamis (17/1/2019).

“Saya kira nanti ini akan saya sebarkan, khususnya di daerah Pemilihan saya di Jawa Timur. Ini bisa menjadi percontohan, karena seperti bawang merahnya cukup berhasil, potensinya tinggi sekali dan mereka sudah membuat UKM-nya juga berkembang. Bawangnya diolah menjadi makanan kemudian pasarnya juga berkembang,” ungkapnya
 
Menurut Soepri, biasa Soepriyatno disapa, selama ini tidak ada keluhan dari warga binaan PBSI yang mendapatkan bantuan sosial tersebut. Justru lewat PBSI, BI berhasil membuktikan bahwa kedekatan antara BI, petani dan koperasi dapat terwujud dengan baik. Dan hal ini merupakan suatu hal yang cukup melegakan baginya, apalagi dengan akan diturunkannya Dana Desa dalam waktu dekat, tentu akan membantu desa lebih baik lagi.
 
Legislator Partai Gerindra itu juga menambahkan bahwa hal lain yang perlu di apresiasi adalah, BI melalui PSBI mampu membina para petani dan warga binaan secara keseluruhan. Dimulai dari pendampingan di sisi pertanian, perdagangan, hingga pada pengelolaan pembuatan laporan keuangannya.
 
“Jadi mereka buat klaster-klaster, tidak hanya membina di sisi pertaniannya saja, tapi juga membina di sisi perdagangannya sampai pada packaging-nya juga dibina. Termasuk pengelolaan pembuatan laporan keuangan manajemen yang unggul. Saya kira ini bagus, dibimbing sampai ke pasar,” apresiasi Soepri.
 
Sementara Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya memaparkan, produksi hortikultura yang ada di Kintamani adalah yang paling berhasil, utamanya jenis tanaman bawang. Dimana awal mula bibit bawang didatangkan ke Kintamani berasal dari Brebes, Jawa Tengah, dengan permulaan hanya 38 are hingga kini sudah berkembang hingga hampir 1200 hektar. Begitupun juga dengan Jeruk Kintamani dan Kopi Robusta Kintamani yang sudah berhasil di ekspor ke London, dan merupakan kebanggaan tersendiri bagi Bali.
 
“Pengembangan bawang yang ada di Kintamani, di samping juga kopi robusta yang sudah ikut di ekspor oleh BI ke London. Saya berharap ke depannya BI melalui PSBI ini agar terus melakukan pembinaan, terutama dalam hal ketika hasil panennya. Jangan sampai harganya merosot turun dan harganya tetap bisa bertahan, dimana kita tahu bawang yang awalnya dibawa dari Brebes itu kini jauh lebih crispy daripada di brebes itu sendiri, karena tidak kenal musim sekarang ini di kaldera Gunung Batur ini,” katanya.
 
Legislator PDI-Perjuangan ini juga menyarankan kepada BI untuk tetap melakukan program PSBI yang menyentuh hingga masyarakat lapisan bawah, dimana program ini juga bisa mengimbangi inflasi daerah. Mengingat dalam beberapa kurun tahun terakhir, Bali sempat mengalami deflasi, maka PSBI ini menjadi sangat membantu dalam menjaga stabilitas inflasi baik di Bali maupun secara nasional.
 
“Harus dipertahankan kemudian harus dikembangkan, tidak hanya di Kintamani tapi juga di beberapa daerah lainnya di luar dari daerah KIntamani. Dan kalaupun sudah ada ke tempat-tempat lain kalau bisa menyebar ke seluruh Indonesia. Karena ini kalau diekspor ikonnya Bali yang dipakai,” pungkas legislator dapil Bali itu menambahkan.
 
Turut hadir dalam Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI ke Provinsi Bali diantaranya Ketua Komisi XI DPR RI Melchias Markus Mekeng (F-PG), dan sejumlah Anggota Komisi XI DPR RI seperti Mukhamad Misbakhun dan Ahmadi Noor Supit dari F-PG, Michael Jeno (F-PDI Perjuangan), Sumail Abdullah (F-Gerindra), Nurhayati Ali Assegaf dan Tutik Kusuma Wardhani dari F-PD, Junaidi Auly (F-PKS), Elviana dan Amir Uskara dari F-PPP. 

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077