30 Januari 2019 | Dilihat: 209 Kali
HAKIM KORUPSI DIPECAT MAHKAMAH AGUNG
noeh21
 

HiTvBerita.com - JAKARTA | Mahkamah Agung (MA) memecat hakim inisial JWL karena korupsi Rp 15 juta. JWL meminta uang itu dari pihak yang berperkara.

"Hukuman disiplin berat berupa pemberhentian tetap dengan hak pensiun," demikian keputusan MA sebagaimana, Selasa (30/1/2019).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kasus suap Rp 15 juta itu terjadi pada tahun 2014 saat JWL dinas di PN Manado. Namun awalnya JWL meminta Rp 70 juta, lalu turun menjadi Rp 60 juta, kemudian jadi Rp 30 juta. Akhirnya disepakati angka Rp 15 juta.

MA dan Komisi Yudisial (KY) sempat menggelar Majelis Kehormatan Hakim (MKH) pada September 2018. Tapi JWL tidak datang untuk membela diri. Akhirnya, MA memecat JWL.

Juru bicara Komisi Yudisial, Farid Wajdi mengatakan JWL sudah pernah mengalami kasus yang sama. Meski jumlahnya sedikit, jelasnya ini merupakan kasus yang berulang. Adapun rekomendasi sanksi untuk hakim JWL ialah pemecatan. Majelis Kehormatan Hakim sendiri sesuai peraturan, dibentuk bilamana ada nya hakim yang melanggar etik berat dengan ancaman sanksi pemecatan.

"Pertama bukan soal nilai, kedua ini adalah berkaitan dengan perbuatan yang sangat tercela, dan ini adalah perbuatan berulang baik sebelum dan sesudah," pungkas jubir Komisi Yudisial, Farid Wajdi, seusai sidang Majelis Kehormatan Hakim untuk JWL.                   

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077