07 Desember 2018 | Dilihat: 177 Kali
KASUS BUPATI JEPARA, DARI KOTAK BANDENG PRESTO SAMPAI KODE DISERTASI
noeh21
 

HiTvBerita.com - JAKARTA | Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK menetapkan Bupati Jepara Ahmad Marzuki sebagai tersangka pemberi suap kepada hakim. Dia disangka menyuap hakim Pengadilan Negeri Semarang Lasito yang juga ditetapkan sebagai tersangka penerima suap.
 
"KPK menemukan bukti permulaan yang cukup adanya dugaan tindak pidana korupsi memberikan hadiah atau janji kepada Hakim Tunggal Praperadilan di PN Semarang," kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di gedung KPK, Kamis, 6/12/2018.

KPK menduga Ahmad memberikan suap Rp 700 juta kepada Lasito. Diduga uang itu diserahkan di rumah Lasito di Solo dalam bungkusan tas plastik bandeng presto agar tidak terlihat.

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK mengungkap adanya penggunaan sejumlah sandi dalam kasus dugaan suap Bupati Jepara Ahmad Marzuki kepada hakim Pengadilan Negeri Semarang Lasito. KPK mengidentifikasi penggunaan sandi Ujian, Disertasi dan Halaman.

Basaria mencontohkan penggunaan kata sandi tersebut. “Jadi seribu halaman, disertasinya nanti akan diantar pada saat ujian, kira-kira begitu kata-katanya,” kata Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di gedung KPK, Kamis, 6 Desember 2018.

Basaria menuturkan pihaknya menduga Ahmad menyuap Lasito sebesar Rp 700 juta, untuk mempengaruhi putusan gugatan prapreadilan yang dia ajukan ke PN Semarang.

KPK menduga Ahmad menyerahkan uang di rumah Lasito di Solo, Jawa Tengah, dengan menggunakan kotak bandeng presto. Modus ini digunakan agar tidak terlihat sehingga kesan bagi yang melihatnya sekedar oleh-oleh khas Semarang dalam bungkusan plastik.

Kasus ini berawal saat Kejaksaan Tinggi menetapkan Ahmad menjadi tersangka kasus dugaan korupsi penggunaan dana bantuan partai politik Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan Kabupaten Jepara pada pertengahan 2017. Ahmad mengajukan praperadilan atas penetapan tersangka ke PN Semarang.

OTHONE
 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077