12 Desember 2018 | Dilihat: 305 Kali
OTT KPK MAKAN KORBAN LAGI
noeh21
Irvan Rivano Muchtar Bupati Cianjur Terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) Karena Diduga Menerima Suap
 

HiTvBerita.com – CIANJUR | Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar di Cianjur, Jawa Barat. Dikabarkan Bupati Cianjur, Irvan Rivano Muchtar termasuk yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) karena diduga menerima suap, Rabu (12/12/2018) pagi.

"Kami mengamankan enam orang dan kemudian dibawa ke kantor KPK untuk proses lebih lanjut," ujar Wakil Ketua KPK Laode M Syarif saat dikonfirmasi, Rabu (12/12/2018).

Laode menjelaskan OTT dilakukan setelah mendapatkan bukti awal dugaan telah terjadi transaksi suap terhadap penyelenggara negara. Sebelumnya KPK mendapat informasi akan ada penyerahan uang terkait anggaran pendidikan di Cianjur.

"Setelah kami lakukan pengecekan di lapangan, terdapat bukti awal adanya dugaan pemberian suap untuk kepala daerah. KPK menduga uang tersebut dikumpulkan dari kepala sekolah untuk kemudian disetor ke Bupati," tutur Laode.
 

Enam orang yang diamankan itu terdiri atas Kepala Daerah, sejumlah pejabat, dan unsur dari unsur Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), dan pihak lain. Namun, kasus yang melatarbelakangi dugaan penyuapan, dan berapa nilai suap yang diberikan pihak penyuapan kepada sang bupati, pihak KPK belum mau menjelaskan secara detail.

"Dari lokasi juga diamankan uang sekitar Rp1,5 miliar yang diduga dikumpulkan dari kepala sekolah," ungkap Laode.

Saat ini tim KPK masih bekerja, sehingga belum dapat memberikan informasi yang lebih rinci. KUHAP memberikan waktu pada KPK selama maksimal 24 jam untuk menentukan status hukum perkara dan pihak-pihak yang diamankan tersebut.

"Hasilnya akan disampaikan secara lebih lengkap pada konferensi pers," tutur Laode.

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077