19 Juli 2019 | Dilihat: 133 Kali
SARAT DENGAN NILAI AGAMIS
noeh21
 

HiTvBerita.com - JAKARTA | Draf Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) yang disampaikan Panitia Kerja (Panja) Pemerintah terkait Rancangan Undang Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) diapresiasi Anggota Komisi VIII DPR RI Diah Pitaloka.

Menurut Diah, draf terbaru ini memiliki tone yang lebih bagus, karena selama ini RUU PKS banyak dikritisi dan dianggap berseberangan dengan ajaran agama selepas rapat Komisi VIII DPR RI bersama Panja Pemerintah RUU PKS di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, pada Kamis (18/7/2019).
 
“Kita berangkat dari nilai-nilai yang sangat agamis, kita ingin melindungi dan kita memahami nasib korban kekerasan. Undang-undang ini bukan hanya mempersoalkan perempuan dan laki-laki saja, tetapi kita perlu melepaskan seksualitas kita, dan mulai berpikir dengan hati nurani karena menyangkut penderitaan manusia,” kata Diah.
 
Mengutip dari perkataan Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher Paransong, Diah mengingatkan, ajaran agama Islam justru berpihak pada perempuan, yang menjadi concern utama dalam RUU PKS ini.
“Sebagaimana Pak Ali Taher bilang, Islam sangat mengedepankan martabat perempuan. Tinggal bagaimana melihatnya dan cara pandang kita bagaimana,” jelas legislator PDI-Perjuangan ini.
 
Perbedaan cara pandang dituding menjadi kendala lamanya pembahasan RUU PKS. Menurutnya, selama ini kita semua terjebak pada asumsi kita masing-masing.
“Karena diskusi tentang seksualitas itu tidak familiar, sehingga diasumsikan menjadi tabu, atau bahkan mengkhawatirkan. Ini jadi lambat karena asumsi ini. Kita harus segera buka pembahasan untuk menjawab asumsi-asumsi negatif itu,” tambah legislator dapil Jawa Barat III ini.
 
Sebagai legislator, lanjut Diah, dirinya terus kita berupaya untuk memperbaiki konstruksi undang-undang menjadi kontribusi nyata.
“Semoga nanti kalau bisa diintegrasi dengan UU KUHP, ini bisa mengubah cara pandang baru bagaimana menindak kekerasan seksual. Dimana korbannya justru malah banyak yang dieksekusi,” tutup Diah.

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077