14 Desember 2018 | Dilihat: 174 Kali
USUT TUNTAS KASUS PROYEK JAGUNG
noeh21
 

HiTvBerita.com - BANTEN | Kasus dugaan korupsi proyek penerapan budidaya jagung senilai Rp 68,7 milliar, yang berasal dari APBN masih terus diselidiki Penyidik Direktorat Kriminal Khusus atau Ditkrimsus Polda Banten. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten, Asep Rahmatullah berharap, polisi mengusut tuntas kasus ini. Diketahui, anggaran untuk penerapan budidaya itu sendiri bernilai Rp68,7 milliar, berasal dari APBN.

“Sudah ada pemeriksaan saksi-saksi. Kalau perlu, polisi juga memeriksa pejabat Kementan. DPRD mendukung Kepolisian untuk mengusut tuntas dan menyelesaikan dengan cepat kasus dugaan korupsi ini,” kata Asep, Jumat 14 Desember 2018.

Asep Rahmatullah menjelaskan, kasus dugaan korupsi itu sudah masuk tahap penyidikan. Bahkan, dari informasi yang diterima polisi telah menerbitkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP).

“Sudah SPDP ke Kejaksaan Tinggi. Cuma, kami belum tahu perkembangan selanjutnya. Tetapi, kami sudah mendengar beberapa orang yang dipanggil,” kata dia.
 

Asep menjelaskan, program ini merupakan proyek nasional yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Permasalahannya, dalam proyek ini kontrak yang disiapkan untuk lahan jagung sejumlah 180 hektare. Namun, penerapannya tak mencapai angka yang telah disepakati.

“Saya sedikit miris dan memprihatinkan. Ketika ada peluang dari Pemerintah Pusat, ternyata ada yang terkena konteks kerugian negara ini,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Banten, Ajun Komisaris Besar Polisi Edy Sumardi Priadinata mengatakan menunggu hasil audit dari Badan Pemeriksa Keuangan, terkait dengan angka kerugian negara atas kasus ini.

"Kalau audit sudah ada, kita bisa lanjutkan. Misalnya, terkait pengembangan status tersangka dan peranannya," kata Edy.

Edy menambahkan, sudah memeriksa saksi dari pejabat Dinas Pertanian Proivinsi Banten. Sementara itu, dokumen kontrak, berita acara serah terima barang, dan dokumen pembayaran, juga diamankan sebagai barang bukti.

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077