27 Desember 2018 | Dilihat: 255 Kali
RUMAH SINGGAH SELUAS 7,1 HA DIRESMIKAN
noeh21
 

HiTvBerita.com – BANDUNG | Wali Kota Bandung Oded M Danial meresmikan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) sekaligus markas bagi Dinas Sosial dan Penanganan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung di Jalan Babakan Karet, Kelurahan Derwati, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung.

"Alhamdullilah setelah proses panjang dari zaman walikotanya Pak Dada (Dada Rosada) sekarang selesai. Ada UPT Puskesos dan Kantor Dinsosnangkis," ujar Oded usai peresmian, Kamis (27/12/2018). 

Oded berharap tempat baru tersebut bisa menjadi kawasan terpadu dalam penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) seperti gelandangan, pengemis, PSK dan lansia terlantar. 



Tak lupa, Oded berpesan pada pengelola untuk tetap membangun kolaborasi dengan masyarakat. Sebab fungsi sebuah pelayanan tidak akan berarti dan membawa kebaikan jika tidak berkolaborasi dengan masyarakat. 

"Ini kan penampungan ya. Kalau dulu sebelum ada Puskesos ada orang gila ke Tasikmalaya direhabilitasi, PSK waktu itu angkut ke Kabupaten/Kota mereka. Sekarang karena sudah ada tempat di sini, kita bina di sini," katanya. 

 

Sementara itu Kadinsosnangkis Tono Rusdiantono menjelaskan Puskesos memiliki fungsi sebagai pelayanan terpadu dalam penanganan kemiskinan berbasis data terpadu. 

"Ada pun yang dilayani ini adalah kesehatan, pendidikan, rutilahu, BPJS termasuk bantuan sosial. Intinya ada 11 rincian bantuan. Cukup datang ke Dinsos semua permasalahan sosial untuk rakyat kurang beruntung bisa dilayani," katanya.


Tono mengatakan proses pembangunan yang dilakukan sejak tahun 2008 hingga 2018 ini telah memakan biaya hingga Rp 140 miliar. Di lahan seluas 7,1 hektar ini terdapat 13 gedung yang fungsinya sebagai rumah singgah hasil penjangkauan. 

"Jadi tidak boleh lagi ada yang tidur di pinggir jalan. Harus diangkut, karena di sini ada hotelnya. Dimasukkan ke sini, kasih makanan bergizi, kita bina, arahkan, kerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja untuk diberi pendidikan dan skill supaya berdaya," ujar Tono. 


Lokasi Puskesos dan Kantor Dinsosnangkis berada dalam satu kompleks seluas 7,1 hektar, dengan fasilitas di dalamnya terdapat sejumlah kantor dan tempat rehabilitasi yang ditempati para PMKS. 

Di lokasi ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti taman, ruang bermain, kolam dan masjid. Tak jauh dari lokasi tepatnya di bagian paling depan berdiri tiga bangunan Rusunawa Rancacili yang juga milik Pemkot Bandung.


HAS

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077