27 Maret 2019 | Dilihat: 409 Kali
Sebaiknya Anda Tahu
DAUN SINGKONG DAPAT MENGHAMBAT PENYERAPAN LEMAK DALAM MAKANAN
noeh21
Dari sekian banyak masakan yang terdapat di bumi Nusantara. Masakan ala minang yang diolah dengan ciri khas bumbu rempah-rempahannya yang lengkap dan selalu tidak pernah ketinggalan menggunakan santan kental, memang diakui sungguh menggugah selera makan bagi siapapun yang melihatnya.
 

HiTvBerita.com- JAKARTA| Dari sekian banyak masakan yang terdapat di bumi Nusantara. Masakan ala minang yang diolah dengan ciri khas bumbu rempah-rempahannya yang lengkap dan selalu tidak pernah ketinggalan menggunakan santan kental, memang diakui sungguh menggugah selera makan bagi siapapun yang melihatnya. Bahkan, bagi sebagian besar orang yang pernah mencicipi lezatnya masakan asal Sumatera Barat ini, begitu mendengar “nasi padang” pikiran nya langsung teringat pada lezatnya masakan gulai kepala kakap, sayur tunjang, sambal cabe hijau, rendang daging, sayur nangka, dan juga rebusan daun singkong selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam sajian masakan ala minang.

Dan, entah kebetulan atau tidak komposisi “daung singkong” dalam sebungkus nasi padang dengan pilihan lauk apa saja, ternyata daun singkong memiliki peranan penting  yakni bisa menghambat penyerapan lemak dalam makanan. Hal itu disebkan karena pada daun singkong mengandung karoten yang cukup tinggi, dan kandungan tersebut sangat baik bagi sistem pencernaan dan metabolisme tubuh manusia.

Tak dapat dipungkiri, nasi padang yang terkenal dengan lauk yang penuh santan dan minyak memang mengandung lemak kolesterol yang tinggi. Namun bukan berarti bahwa nasi padang adalah makanan yang tidak sehat!?  

Ahli Gizi dari RS. Pondok Indah. dr. Juwalita Surapsari, Sp.GK mengatakan bahwa dalam kandungan yang terdapat pada “seporsi nasi padang” memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, yaitu sebesar 155 Kal, protein 10,3 gram, lemak 4,2 gram, air 65,8 gram, dan kandungan karoten sebesar 3,14 miligram. 

Ketika ditanyakan kepada dr. Juwalita berapa kali dalam 1 minggu sebaiknya kita boleh mengomsumsi masakan ala minang yang ditenggarai kaya akan lemak kolesterol itu, ahli gizi tersebut mengatakan bahwa plilihannya itu bukan terletak pada rentang waktu ataupun jumlah lauk yang kita makan.

“Dan, selagi masih dalam batas porsional ukuran makan manusia, sebetulnya tidak ada patokan berapa kali seminggu, berapa kali sebulan untuk mengomsumsi masakan nasi padang. Tapi pilihan komposisinya yang paling penting harus diperhatikan. Umpamanya, untuk porsi nasi putih dalam sepiring nasi padang yang akan kita makan, sebaiknya dikurangi menjadi seperempat porsi, dan sebaliknya daun singkong harus meminta 2 kali lebih banyak, itu akan tetap aman ditubuh sekalipun yang kita makan 2 lauk protein hewani sekaligus,” ujarnya menjelaskan.

Seperti kita ketahui bahwa olahan rendang padang, menggunakan santan yang banyak dan menyita waktu yang cukup lama dalam pembuatannya. Karena itu, satu potong daging rendang bisa mengandung kalori sekitar 200–250 Kal.
Bahkan menu telur dadar yang dimasak menggunakan minyak sayur banyak, karena dimasak dengan cara seperti itu kandungan kalori pada telur dadar tersebut menjadi lompat hingga hampir mendekati 150 Kal. Bahkan sayur nangkapun yang banyak mengandung serat ini, malah dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat, disebabkan oleh penggunaan santan dalam pembuatannya.

SAYUR DAUN SINGKONG
Sedangkan sayur daun singkong dianggap penyelamat dalam sepiring nasi padang, karena sayur ini hanya direbus sebentar dan ditambahkan bumbu secukupnya. Untuk diketahui, sayur daun singkong mengandung serat yang bermanfaat menambah rasa kenyang dan menghambat penyerapan lemak dalam makanan. Bahkan dalam sayur daun singkong mengandung karoten yang cukup tinggi. Hal ini tentu baik bagi sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

Namun, biasanya para pedagang nasi padang ini hanya memberikan sayur daun singkong dalam jumlah yang sedikit. Nah mulai sekarang, perhatikan jumlah dan pilihan lauk dalam mengonsumsi nasi padang. Jangan lupa, minta setengah porsi nasinya dan sayur daun singkongnya harus dua kali lebih banyak yang diberikan oleh si empunya warung makan padang. Selamat berburu nasi padang tanpa harus takut terkena kolesterol!

Gadis/Yog/Hitv
 

Terkait

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077