11 Desember 2018 | Dilihat: 249 Kali
MAKANAN TERBAIK SAAT DEMAM AKIBAT VIRUS
noeh21
 

HiTvBerita.com – JAKARTA | Viral Fever atau demam viral adalah demam akibat virus yang mempengaruhi tubuh dan ditandai oleh demam tinggi, sakit kepala, nyeri tubuh, terbakar di mata, muntah, dan mual. Ini sangat umum di kalangan orang dewasa dan anak-anak.

Viral Fever disebabkan oleh infeksi virus yang terjadi di setiap bagian tubuh, saluran udara, paru-paru, usus, dan lainnya. Demam tinggi biasanya merupakan pertanda sistem kekebalan tubuh yang melawan virus. Viral Fever bisa berlangsung dari satu hingga dua minggu.


Ketika mengalami hal ini, nafsu makan menjadi rendah. Jadi, perlu memberi tubuh nutrisi yang dibutuhkan. Oleh karena itu, penting untuk mengkonsumsi makanan yang tepat. Makanan-makanan ini akan membantu mengobati Viral Fever dengan meredakan gejala-gejalanya dan mendorong penyembuhan.

1. Sup ayam

Sup ayam adalah hal pertama yang mudah dikonsumsi ketika jatuh sakit. Nah, sup ayam bekerja paling baik untuk infeksi saluran pernapasan. Sup ayam dikemas dengan vitamin, mineral, protein dan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah besar ketika sakit.

Sup ayam juga merupakan sumber cairan yang baik akan membantu menjaga tubuh terhidrasi. Selain itu, sup ayam adalah dekongestan alami yang telah terbukti efektif dalam membersihkan lendir hidung.

2. Air kelapa

Air kelapa kaya akan elektrolit dan glukosa dan baik ketika Anda mengalami Viral Fever. Selain manis dan penuh rasa, kalium dalam air kelapa membantu mengembalikan energi. Kandungan antioksidan air kelapa juga membantu melawan kerusakan oksidatif.

3. Kaldu

Kaldu adalah sup yang terbuat dari daging atau sayuran. Kaldu mengandung semua kalori, nutrisi dan rasa didalamnya yang merupakan makanan yang sempurna untuk memiliki ketika Anda jatuh sakit. Manfaat dari minum kaldu panas saat sakit adalah dapat menghidrasi tubuh, bertindak sebagai dekongestan alami dan rasa yang kaya akan membuat Anda puas. Namun, pastikan membuat kaldu di rumah daripada membelinya dari toko karena mereka memiliki jumlah sodium yang tinggi.


4. Teh herbal

Teh herbal juga dapat meredakan Viral Fever. Teh Herbal bertindak sebagai dekongestan alami yang sama dengan sup ayam dan kaldu. Selain itu, membantu membersihkan lendir dan cairan hangat menenangkan iritasi tenggorokan. Teh herbal mengandung polifenol, antioksidan dengan sifat anti-inflamasi yang akan membantu meningkatkan sistem kekebalan dalam waktu singkat.

 

5. Bawang putih

Bawang putih disebut-sebut menjadi salah satu makanan terbaik yang dikenal untuk menyembuhkan, sejumlah penyakit karena sifat antibakteri, antiviral dan antijamur. Sebuah penelitian menunjukkan orang yang mengonsumsi bawang putih jarang sekali sakit dan mereka juga menjadi lebih baik dalam 3,5 hari. sementara, senyawa hadir dalam bawang putih, allicin memfasilitasi fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan Viral Fever.


6. Jahe

Pastikan Anda menggunakan jahe dalam memasak atau menikmatinya dalam bentuk teh untuk membuat Anda merasa lebih baik.

7. Pisang

Ketika sakit, selera makan jadi hambar. Makan pisang bermanfaat karena mudah dikunyah dan ditelan. Pisang juga kaya vitamin dan mineral seperti kalium, mangan, magnesium, vitamin C, dan vitamin B6. Makan pisang setiap hari akan mencegah Anda dari gejala demam virus di masa depan karena mereka meningkatkan sel darah putih, meningkatkan kekebalan dan memperkuat ketahanan Anda terhadap penyakit.

8. Alpukat

Alpukat adalah makanan yang bagus untuk dikonsumsi ketika Anda menderita demam karena mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh selama waktu tersebut. Alpukat mudah dikunyah dan relatif lunak. Kandungan lemak sehat seperti asam oleat dapat membantu menurunkan peradangan dan memainkan peran besar dalam fungsi kekebalan tubuh.

9. Jeruk

Jeruk seperti lemon memiliki flavonoid dan vitamin C dalam jumlah yang lebih besar. Konsumsi jeruk akan mengurangi peradangan dan memperkuat sistem kekebalan yang akan membantu melawan Viral Fever.

KERTA SUMA

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077