13 Desember 2018 | Dilihat: 236 Kali
Sensasi Ngopi dalam "Hutan" di Pusat Kota Jakarta
noeh21
Arborea Cafe
 

HiTvBerita.com-JAKARTA|warung kopi yang satu ini bukan sekedar warung kopi biasa, warung kopi ini bernama Arborea Cafe, yang berlokasi di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

 Anda akan mendapatkan pengalaman baru yang ditawarkan oleh Arborea Cafe, Karena berlokasi di dalam arboretum dengan beragam pohon-pohon tinggi nan rindang, para pengunjungnya akan merasakan seolah sedang berada di dalam hutan. Apalagi Arborea sendiri berupa bangunan kayu dengan desain minimalis yang sangat unik.

Menjadi hal menarik ketika berada di dalam hutan tersebut dipadukan dengan sayup-sayup bising suara kendaraan yang lalu lalang di jalanan besar sekitar lokasi kementerian.

Jika duduk di lantai 2 atau lantai atap, kita bahkan bisa melihat kemacetan kota sambil menyeruput kopi favorit.

Memiliki pelataran luas pada bagian depan juga membuat kafe ini sering menjadi tempat anak-anak muda berlatih skateboard atau melakukan kegiatan lainnya.

Pada waktu tertentu, pelataran tersebut juga diberi bean bag warna warni yang membuatnya semakin tampak menarik.

Arborea Cafe sebetulnya telah diresmikan sejak pertengahan Agustus 2018 lalu oleh Menteri LHK Siti Nurbaya. Saat itu bertepatan dengan momentum Asian Games di Jakarta dan Palembang.

Ketika masuk di lokasi Arborea Cafe, kita juga bisa melihat logo Asian Games terpampang pada bagian depan kafe.

Meski sudah diresmikan sejak Agustus lalu, kafe ini baru dikunjungi banyak masyarakat dalam beberapa bulan terakhir karena "hype" di media sosial. Kini, Arborea Cafe pun semakin ramai dikunjungi bahkan menjadi tempat selfie bagi para pengunjung.

Ada beberapa titik di kafe tersebut yang menjadi spot andalan untuk selfie. Salah satunya adalah bagian atap kafe tiga lantai ini. Pada bagian atap, pengunjung bisa menemukan semacam pelataran terbuka. Sehingga latar belakang foto bisa menyoroti pepohonan yang berdiri menjulang mengelilingi kafe.

Diah (18) adalah salah satu pengunjung yang mengambil foto di atap kafe tersebut. Beberapa hari lalu ia bersama dua temannya menyempatkan diri datang ke kafe yang sedang banyak dibincangkan di Instagram itu. "Di Instagram sedang ramai, jadi saya coba berkunjung. Kayaknya bagus untuk foto-foto dan bersantai dengan kawan-kawan" kata diah.

Pengunjung lainnya adalah Deny la ulle (42). Deny juga melihat Arborea Cafe sebagai tempat yang punya banyak titik foto menarik dan titik untuk minum kopi sambil menikmati pepohonan rindang.

Salah satu titik terbaiknya adalah lantai dua. Lantai dua cenderung lebih tertutup. Di sana tersedia beberapa kursi dan sofa nyaman bagi kita yang ingin berada dalam ruangan ber-AC. Dari sana kita bisa melihat ke luar melalui jendela besar yang terbentang mengelilingi ruangan.

"Yang saya suka Arborea Cafe punya konsep ruang terbuka menyatu dengan hutan kota yang ada di kawasan Manggala Wanabakti ini. Seru banget buat santai dan ketemu Klien" kata Deny. Menurutnya, kafe tersebut kini juga semakin baik dengan mesin kopi, menu yang lebih beragam, serta detail peralatan ramah lingkungan seperti sedotan kertas.

Tak hanya bagi mereka yang ingin ngopi santai, Arborea Cafe bagi sebagian orang juga dianggap nyaman untuk tempat kerja dengan laptop atau sekadar melepas penat setelah pulang kerja.

Meski nyaman untuk ngopi dan nongkrong, namun beberapa orang menyayangkan waktu bukanya yang hanya sampai Pukul 19.00 sehingga tidak bisa datang setelah pulang kerja.

Adapun Arborea Cafe buka setiap hari Pukul 08.00 dan tutup 19.00. Sementara jam buka sementara saat weekend adalah Pukul 11.00. Menu minuman berkisar antara Rp 5 ribu -35 ribu.

Sementara menu kopi single origin sendiri berkisar Rp 29,5 ribu - 33 ribu. Tak hanya kopi, sajian minuman di sana cukup beragam. Seperti sajian teh, fresh milk, milkshake, dan lainnya. Menu makanan yang disediakan juga terbilang cukup lengkap.

Tak hanya menu pastry, ada pula beberapa menu makanan berat, seperti ragam nasi goreng, Nasi Ayam Penyet, Iga Penyet, aneka mie, roti, Dim Sum, dan cemilan lain. Harga menu makanan berkisar antara Rp 20 ribu-47,5 ribu. (YD)

Terkait

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077