30 Maret 2019 | Dilihat: 176 Kali
KAMPANYE UMUM RAWAN KONFLIK
noeh21
 

HiTvBerita.com - JAKARTA | Bangsa Indonesia tak lama lagi akan merayakan pesta demokrasi, Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) serentak 2019. Sejak 24 Maret sampai 13 April, tahapan Pemilu memasuki masa kampanye rapat umum dan kampanye di media massa. Suatu tahapan yang paling ditunggu-tunggu oleh para konstentan pemilu untuk meyakinkan 192 juta pemilih mengapa mereka layak untuk dipilih. Tetapi di sisi lain, kampanye umum juga mengandung potensi kerawanan karena melibatkan massa dalam jumlah yang besar.

Salah satu hal yang diutarakan oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat membacakan pidato penutupan Masa Persidangan IV Tahun Sidang 2018-2019, di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (28/3/2019). Rapat dipimpin Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto.

“Oleh karena itu, selaku Pimpinan Dewan, saya menaruh harapan yang besar kepada semua pasangan calon dan peserta pemilu untuk bisa menjaga diri. Semua pasangan calon dan peserta pemilu tentu ingin meraih kemenangan, tetapi hendaknya kemenangan itu diraih dengan cara-cara yang taat asas, edukatif, serta tetap menjunjung etika politik yang berkeadaban,” kata Bambang Soesatyo
 
Bamsoet, sapaan akrab Ketua DPR RI itu menilai, Pemilu 17 April merupakan ujian bagi demokrasi Indonesia. Sejarah Pemilu Indonesia selama ini selalu berjalan damai. Sekeras apapun persaingan dalam Pemilu dan Pilkada, tetapi selalu berujung dengan aman dan damai. Sekali lagi, jika Indonesia lolos melaksanakan Pemilu serentak ini dengan damai, maka Indonesia akan dicatat dengan tinta emas oleh dunia sebagai negara dengan demokrasi yang matang.  Bahkan dengan tingkat kemajemukan bangsa dan kerumitan Pemilu yang luar biasa, Indonesia akan menjadi pendatang baru sebagai kampium demokrasi di dunia. 
 
“Karena itu, Pimpinan Dewan berharap kepada KPU dan Bawaslu untuk benar-benar menjadi penyelenggara dan pengawas Pemilu yang profesional. Kepada TNI dan Polri diharapkan tetap bisa menciptakan suasana aman dan damai sampai tahapan pemilu nanti berakhir. Lebih dari pada itu, kantor-kantor pemerintah tidak boleh terganggu dan tetap dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” harap Bamsoet.
 
Politisi Partai Golkar itu menambahkan, walaupun Masa Persidangan ini berlangsung dengan singkat, tetapi sama sekali tidak mengurangi kesungguhan Anggota DPR RI untuk melaksanakan tugas-tugas konstitusionalnya, disela-sela kesibukan saudara-saudara semua berjuang di dapilnya masing-masing. Untuk itu, ia menyampaikan terima kasih yang tulus sekaligus apresiasi yang tinggi kepada seluruh Anggota DPR RI yang tetap konsisten mengemban amanah rakyat sampai akhir masa jabatan nanti.
 
Memasuki Masa Reses Masa Persidangan IV yang berlangsung pada 29 Maret sampai dengan 7 Mei 2019, merupakan kesempatan bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi kepada wakil-wakilnya, khususnya di daerah pemilihannya masing-masing.
“Ayo ajak masyarakat sebagai pemilih untuk berbondong-bondong datang ke TPS pada tanggal 17 April 2019. Gunakan kesempatan di TPS untuk memilih pasangan calon Presiden dan caleg yang terbaik dengan cara yang bebas, jujur dan adil demi masa depan Indonesia yang lebih baik, lebih maju, dan lebih adil serta  sejahtera,” ajak Bamsoet.

Sebelum memulai pidatonya, Bamsoet sempat melontarkan dua pantun, sehingga mendapatkan tepuk tangan yang sangat meriah dari seluruh anggota DPR yang hadir.
Lajulah laju perahu laju
Laju menuju tanah melayu
Walaupun sibuk dengan pemilu
Kinerja DPR terus melaju
 
Buah mangga buah ceremai
Dibuat rujak enak dan nyaman
Jika kampanye sejuk dan damai
Indonesia kuat, tentram dan aman

LIA 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077