18 Mei 2019 | Dilihat: 158 Kali
KORSEL DIDESAK TERAPKAN BEBAS VISA BAGI WNI
noeh21
 

HiTvBerita.com - JAKARTA | Guna membahas banyak kepentingan terutama penguatan kontak antarmasyarakat kedua Negara, sekaligus secara khusus meminta agar Parlemen Korea Selatan dapat mendesak Pemerintah Korsel untuk mempermudah akses masuk Warga Negara Indonesia (WNI) ke wilayah Korsel.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengutarakan hal tersebut saat menerima kunjungan Delegasi Parlemen Korea Selatan di Gedung Nusantara III DPR RI, Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Tentunya hal ini berkaitan dengan bebas Visa yang hingga saat ini sudah dibebaskan Pemerintah Indonesia bagi warga Korsel, namun tidak sebaliknya. Fadli mendorong agar sikap yang diberikan Pemerintah Indonesia segera mendapat balasan oleh Pemerintah Korsel, sehingga kerja sama kedua negara terus berjalan baik.

“Kita sudah memberikan bebas Visa kurang lebih sejak 4 tahun yang lalu, tetapi belum resiprokal. Nah kita berharap ini disampaikan juga oleh rekan-rekan melalui parlemen, sehingga Pemerintah Korea juga memberlakukan hal yang sama kepada Indonesia. Hal ini penting untuk kemajuan hubungan kerja sama dan pertukaran budaya,” sebut Fadli Zon.

Politisi Partai Gerindra itu menambahkan, hingga saat ini Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia memang sudah cukup membantu dengan memberikan fasilitas yang memudahkan saat WNI membuat Visa, namun menurutnya hal itu masih belum cukup memuaskan masyarakat Indonesia.
“Kita harap sifat resiprokal ini dapat diwujudkan Pemerintah Korsel agar proses pertukaran budaya dapat berjalan dengan baik,” tambahnya.

Wakil Ketua Bidang Korpolkam tersebut menekankan bahwa kebijakan bebas Visa bagi masyarakat Indonesia adalah langkah konkret baru bagi kerja sama kedua negara. Menurutnya Korsel harus melihat Indonesia sebagai pasar yang sangat menjanjikan. Terlebih Korsel juga melakukan investasi jangka panjang di Indonesia.

“Indonesia sangat menghargai hubungan kerja sama bilateral dengan Korea Selatan. Terlebih Pemerintah Korsel melakukan investasi jangka panjang dengan menyerap 960 ribu tenaga kerja profesional di Indonesia. Saya rasa keputusan ini adalah langkah yang sangat berani dan seluruh rakyat Indonesia menghargainya. Ini merupakan bagian dari komitmen untuk diplomasi parlemen,” tukas legislator dapil Jawa Barat V itu.

Saat menerima kunjungan kehormatan Delegasi Korsel yang dipimpin oleh Ketua Forum Parlemen Korea-ASEAN Lee-Seo Hyun, Fadli didampingi oleh beberapa Anggota Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) DPR Republik Indonesia-Korea Selatan diantaranya Asril Hamzah Tanjung (F-Gerindra), Hamdhani (F-NasDem), dan Rahayu Saraswati (F-Gerindra).

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077