27 Desember 2018 | Dilihat: 238 Kali
PERBAIKAN TALUT TOL SALATIGA-KARTASURA DIKEBUT
noeh21
 

HiTvBerita.com – BOYOLALI | Belum seminggu beroperasi, ruas Tol Salatiga-Kartasura mengalami sedikit kerusakan. Kerusakan ini terjadi pada talut atau lereng di samping jalan tol.

Tergerusnya talut di samping jalan tol oleh air hujan yang menyebabkan lereng tersebut ambrol. Kejadian ini terjadi di wilayah Desa Tanjungsari, Kecamatan Banyudono, Boyolali ambrol.

PT Jasa Marga sendiri sebagai operator menjelaskan bahwa kerusakan yang terjadi hanya pada lerengnya saja. Kerusakan tidak berpengaruh pada jalan tol.

Saat ini, perbaikan talut longsor di kilometer 489+500 ruas tol Salatiga-Kartasura terus dikebut. Sejak semula PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN) menjanjikan target penggarapan 4 hari. Begini tahapan yang direncanakan pelaksana proyek untuk mencapai target.

"Insya Allah lusa selesai," ujar Direktur PT JSN, David Wijayatno, di lokasi talut longsor wilayah Desa Tanjungsari, Kecamatan Banyudono, Boyolali, Kamis (27/12/2018) siang.
 

Setelah pengerukan material yang longsor selesai, hari ini dilanjutkan pembangunan dinding penahan tanah. Pembangunan talut tersebut menggunakan struktur batu kali. Talut juga diberi rongga pipa paralon agar air hujan yang meresap bisa keluar melalui rongga itu.

Pembangunan talut itu sepanjang sekitar 20 meter. Pengerjaannya hari ini ditargetkan selesai. Kemudian besok pagi dilanjutkan dengan pengurukan tanah dan pemadatan. Pengurukan dan pemadatan akan dilakukan berlapis-lapis.

"Sehari selesai insyaallah, besok malam pemasangan guardrail-nya, lusa sudah rapi," kata David.

Proses pengerjaan dilakukan secara lembur sehingga cepat selesai. Jumlah pekerja yang dilibatkan juga sekitar 30 orang. "Ini sebenarnya masalah kecil, nggak terlalu signifikan. Ini hanya lerengnya saja, badan jalannya nggak masalah," jelas dia.

Dari pantauan detikcom sekitar pukul 11.30 WIB, para pekerja masih mengerjakan pembangunan talut dinding penahan tanah. Pembangunannya pun sudah cukup tinggi.

Sedangkan di badan jalan tampak ada tumpukan batu, pasir dan semen serta truk tangki air. Namun tumpukan tersebut tak sampai memakan banyak badan jalan tol.

Di lokasi, arus kendaraan dibuka dua lajur. Sebagai pengaman, dipasang sejumlah rambu-rambu agar pengguna jalan hati-hati. Selain itu juga dipasang barier di samping tumpukan material di lokasi longsor untuk memisahkan ruas jalan dengan tumpukan material.

IQBAL

Terkait

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077