25 Januari 2019 | Dilihat: 265 Kali
PT INKA DIGENJOT PENUHI KEBUTUHAN KERETA API DALAM NEGERI
noeh21
 

HiTvBerita.com - MADIUN | Meskipun sampai hari ini Indonesia masih mengimpor gerbong-gerbong dari luar negeri, seperti dari Jepang beberapa waktu yang lalu, namun perkembangan PT INKA (Persero) dalam memproduksi produk kereta api saat ini sangat luar biasa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang lalu.

PT INKA (Persero) mampu melihat peluang akan kebutuhan transportasi kereta api yang sangat dibutuhkan oleh publik. Kereta api diharapkan menjadi transportasi yang  sangat ekonomis, kecepatan tinggi, namun aman

Menurut Anggota Komisi V DPR RI Sadarestuwati, ini suatu pertumbuhan yang begitu pesat. Untuk itu, Komisi V DPR RI mendukung PT INKA bisa memenuhi kebutuhan kereta api, khususnya dalam negeri.
 
“Kewajiban pemerintah untuk terus mendorong dengan mendukung dari sisi kemudahan untuk pembiayaan dan kemudahan untuk melakukan ekspor. Walaupun kita belum bisa 100 persen untuk mencukupi kebutuhan, khususnya engineering, tapi kita masih tercukupi 70 persen dari produk lokal. Kita tetap meminta kepada pemerintah ada suatu kebijakan khusus untuk PT. INKA untuk bisa memberikan kelonggaran untuk barang-barang yang diimpor khususnya untuk engineering-nya sendiri,” jelasnya saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI meninjau PT. INKA di Madiun, Jawa Timur, Rabu (23/1/2019).
 
Estu, sapaan akrab Sadarestuwati menambahkan, ada beberapa peralatan yang memang tidak bisa memproduksi sendiri dan harus mengimpor. Untuk impor peralatan perawatan mesin masih dikenakan pajak biaya masuk sebesar 17 persen. Dengan kebijakan yang diambil pemerintah untuk memberikan subsidi impor, diharapkan mempercepat pertumbuhan dari PT INKA agar bisa bersaing dari sisi harga.
 
“PT INKA bisa terus bersaing bukan hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Karena di dalam negeri sendiri bahwa disampaikan sering terjadi kalah lelang karena memang produk yang dihasilkan lebih mahal dibandingkan dengan produk dari negara lain, seperti China dan India,” tandas legislator PDI-Perjuangan itu.
 
Estu mengapresiasi langkah PT INKA yang bisa mengekspor lokomotif dan gerbong-gerbong kereta api ke negara Bangladesh yang jumlahnya cukup banyak  sejak tahun 1992.

“Melihat ekspor sebanyak sekarang ini saja cukup membangkitkan perekonomian daerah dan mereka akan ekspansi dengan membuat workshop di Banyuwangi. Ini juga pasti akan memberikan dampak sosial ekonomi di masyarakat sekitar karena penyerapan tenaga kerja. Dari sisi penyerapan tenaga di Madiun saja sudah sebayak 3.500 tenaga kerja,” tutup legislator dapil Jatim itu. 
 

Ditempat yang sama, Anggota Komisi V DPR RI Bambang Haryo Soekartono mengatakan Komisi V DPR RI akan mendorong pemerintah untuk memberikan tambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada INKA untuk memproduksi gerbong dan lokomotif.
 
“PT. INKA adalah satu-satunya industri kereta api yang ada di Asia Tenggara. Kita punya kewajiban untuk mengembangkan perkeretaapian yang ada di Indonesia, karena merupakan suatu peluang dari industri kereta api dalam negeri,” kata Bambang.
 
Politisi Fraksi Partai Gerindra itu menambahkan, dengan tidak memotong anggaran untuk pengembangan industri transportasi diharapkan bisa menyumbang pada pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Kita memiliki industri standar internasional. Jangan sampai industri ini memenuhi kebutuhan luar negeri, tetapi di dalam negerinya malah kedodoran. Ekonomi yang ada di negara kita harus menggelinding dengan cepat dan industri ini harus diprioritaskan" kata Bambang.
 
PT INKA memiliki semangat yang tinggi untuk memproduksi kereta api, tetapi kebijakan pemerintah masih impor, tidak hanya sektor industri, tetapi juga sektor pertanian.
 
“Saya harap pemerintah mengerti, jangan kita impor kereta api dari luar yang sebenarnya kita bisa produksi sendiri. Ini yang dikeluhkan oleh PT INKA. Dengan banyaknya ekspor barang-barang ke luar negeri dan mengurangi produk impor masuk ke Indonesia, otomatis neraca perdagangan kita menjadi positif, sehingga pertumbuhan ekonomi pasti akan menjadi lebih tinggi lagi,” tutup legislator dapil Jawa Timur ini.

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077