24 Desember 2018 | Dilihat: 248 Kali
TAK ADA CRISIS CENTER SATU PINTU DI KALIANDA USAI TSUNAMI
noeh21
 

HiTvBerita.com – KALIANDA |  Pasca tsunami yang terjadi pada Sabtu (22/12/2018) malam lalu, kawasan Kalianda, Lampung Selatan yang termasuk wilayah paling parah akibat tsunami ternyata belum memiliki posko Pusat Informasi Satu Pintu atau Crisis Center.

Dari pantau HiTvBerita.com, hingga Senin (24/12/2018) siang, belum ada data pasti terkait jumlah korban meninggal dunia, luka-luka atau yang belum ditemukan. Sehingga menyulitkan bagi masyarakat yang mencari anggota keluarganya maupun awak media yang butuh untuk mengabarkan informasi.

Tidak hanya itu, satu-satunya rumah sakit yang digunakan untuk penanganan korban bencana hanya berpusat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar yang terletak beberapa kilometer dari lokasi kejadian. Tak ayal, kondisi itu pun membuat adanya penumpukan pasien di rumah sakit. Semua Korban bencana dilarikan ke RSUD Bob Bazar, kalau tak mampu untuk menangani akan dirujuk ke Bandar Lampung.

Berdasarkan hasil pemantauan, sejauh ini rumah sakit tak lagi cukup menampung jumlah pasien. Ada banyak yang dirawat di luar kamar, seperti lorong-lorong, mereka hanya tidur di lorong sambil diinfus.
 

Satu-satu posko yang terdapat di lokasi milik Kementerian Sosial, terletak di desa yang terkena dampak parah yakni Desa Way Muli dan digunakan sebagai dapur umum.

Sejauh ini, kondisi Kalianda terpantau kondusif dengan kerusakan parah terjadi di berapa desa, khususnya Lobuli dan pesisir pantai yang telah rata tanah.

Hingga tadi pagi, bantuan dari pemerintah atau instasi lainnya belum sampai baik berupa makanan juga tenda penginapan.

"Saat ini musim hujan kerap terjadi sehingga warga butuh tenda dan kain penghangat untuk melindungi dari cuaca dingin. Karena tak ada tenda, terpaksa menginap dan menumpang di rumah warga untuk sementara ini," ujarnya.

Sulitnya akses menuju lokasi disinyalir menjadi alasan bantuan tak kunjung sampai. Menurut pantauan Abdur, material yang cukup banyak dan padat memenuhi jalan-jalan sehingga butuh alat berat untuk menyingkirkan puing-puing.

VERTI

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077