12 Desember 2018 | Dilihat: 206 Kali
AIR TERJUN INDO RANNUANG SULBAR
noeh21
 

HiTvBerita.com – POLEWALI MANDAR | Air terjun Indo Rannuang begitu orang-orang menyebutnya. Objek wisata dengan air curah vertikal yang mempesona, tepatnya terletak di Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi dan berjarak sekitar 8 km dari pusat kota Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Ini merupakan salah satu pilihan objek wisata yang dapat anda tuju saat berada di Kabupaten Polman. Terdapat di daerah ketinggian Anreapi dan airnya bermuara menuju  sungai Limbong Sitodo, objek wisata berupa wisata sungai dengan batu kali berukuran besar yang juga terkenal di wilayah Polewali Mandar.

Air terjun Indo Rannuang memiliki “grade” atau tingkatan yang bervariasi, dari yang berukuran kecil hingga besar. Di tiap tingkatannya menawarkan kedalaman air yang berbeda dengan kondisi alam dan pegunungan yang masih sangat asri. Jarak ketinggian air terjun di masing-masing tingkatan bervariasi mulai dari yang berjarak sekitar 100 meter hingga 40 meter. Jika beruntung anda akan menemukan beberapa spesies kupu-kupu yang kadang muncul menyapa pengunjung.

Salah satu tingkatan yang dapat dijadikan sebagai tempat berendam untuk menikmati dinginnya air terjun adalah di tingkat yang kedua. Kedalamannya cukup untuk orang dewasa dengan beberapa titik yang juga ditemukan cukup dalam. Sisi-sisi batuannya ditumbuh oleh pepohonan hijau yang menyejukkan mata dan memanjakan rasa, ada rasa segar air dari hulu yang tak pernah berhenti mengalir hingga menuju Limbong Sitodo.

Untuk melihat Indo Rannuang yang indah, sebaiknya anda datang pada musim basah (penghujan), dimana pemandangan di sekitarnya menjadi tampak lebih hijau, debit air di Indo Rannuang juga akan lebih deras saat musim penghujan, kontras perbedaannya jika anda mengunjungi Indo Rannuang di musim kering (kemarau). Saat musim kemarau Indo Rannuang lumayan kering, dengan debit air yang sangat kurang, tetapi anda masih bisa menikmatinya dengan mandi dibawah kucuran air yang terus mengalir.
 

Apa yang menarik dari Indo Rannuang adalah ia merupakan sumber aliran air untuk Limbong Sitodo, karena itu jika anda mengunjungi Indo Rannuang maka anda sekaligus akan melintasi Limbong Sitodo, jika kembali atau turun dari puncak anda masih dapat menikmati Limbong Sitodo, sembari membersihkan tubuh, memijat kaki, dan merapikan barang-barang anda di tepi sungai yang juga menjadi destinasi wisata yang ramai di akhir pekan. Limbong Sitodo pada waktu-waktu tertentu menyajikan pesona wisata kuliner dimana anda dapat menikmati sajian buah seperti rambutan dan langsat yang dijajakan oleh warga setempat. Ada banyak kebun-kebun rambutan dan langsat milik warga yang tumbuh di sekitar objek wisata ini, dan para warga memasarkannya langsung pada pengunjung.

Untuk menuju Indo Rannuang butuh pendakian dan tantangan yang sedikit berat, seperti lokasi air terjun pada umumnya yang berada di daerah ketinggian maka anda dituntut berjalan sejauh 4 km untuk menuju lokasi ini, menyusuri jalan-jalan setapak kecil melewati kebun-kebun kakao milik warga. Nyali anda juga akan sedikit diinduksi dengan jalur penuh semak dan batu, jika hari sedang hujan maka sebaiknya bersiaplah pada kemunculan lumut hijau yang melekat di batu-batu yang anda akan pijak. Rute sepanjang 4 km ini dijamin tidak membosankan karena anda akan melihat betapa hijaunya daerah desa Kunyi, pun jika anda sampai ke puncak Indo Rannuang maka anda dapat melihat pemandangan Kota Polewali Mandar serta teluk Mandar.

Untuk menuju objek wisata ini anda dapat menuju kantor desa Kunyi, setelah mendapati kantor desa maka anda berbelok ke arah kanan menuju pusat desa berjarak sekitar 4 km. Setelah itu anda akan menemukan sungai Limbong Sitodo. Dari titik sungai ini anda dapat melakukan penelusuran menuju Indo Rannuang. Di sekitar titik sungai ini ada beberapa area parkir serta penjual makanan dan minuman, dan lokasi ini bisa digunakan sebagai tempat untuk memarkir kendaraan serta sejenak bersantai sebelum melahap rute Indo Rannuang yang menantang.

Walaupun terdapat layanan ojek yang dapat mengantarkan anda menuju Indo Rannuang dengan tarif sekitar Rp 40.000 tetapi anda sebaiknya menempuh jalur/rute darat dengan berjalan kaki, dengan rute ini anda dapat menikmati pemandangan yang indah di sepanjang jalan. Pendakian menuju Indo Rannuang bukan hal yang mudah, anda harus menyiapkan fisik yang prima, karena kemiringan dataran yang cukup terjal nyaris akan anda temui. Sebaiknya siapkan pula suplai air minum karena pendakian dengan berjalan kaki (tracking) tentu saja akan menguras tenaga.

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077