29 Desember 2018 | Dilihat: 358 Kali
EKSOTIS, AIR SUNGAI BERWARNA BIRU
noeh21
Sungai Citumang menyuguhkan keindahan alam dan tantangan petualangan bagi wisatawan untuk menjelajahinya.
 

HiTvBerita.com - PANGANDARAN| Umumnya sungai itu berwarna coklat keruh atau kalau tidak ya bening atau kehijauan, warna biru lebih identik dengan lautan yang luas. Namun kita akan disuguhkan fenomena alam yang tak biasa. Di mana terdapat sungai yang airnya berwarna kebiruan, bagi sebagian besar orang hal seperti ini dianggap menarik.

Tak sedikit yang datang ke tempat ini untuk liburan melihat keindahan yang mengalir di sela-sela bebatuan menuju ke muara nun jauh di sana. Ada pepohonan di sisi-sisinya seolah-olah membusungkan dada dan siap sedia menjadi pagar dan pelindung. Dan memang apa-apa yang menawan harus tetap dijaga keasriannya.

Salah satunya, Sungai Citumang yang belokasi di Dusun Sukamanah, Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Ciamis Jawa Barat. Sebuah tempat yang tepat untuk mencari kesegaran alami dari air yang mengalir dari gunung.

Karena lokasinya masih alami di tengah hutan, untuk mencapai ke lokasi kita harus melakukan traceking dulu melewati jalan setapak ditemani olah udara sejuk dan udara burung-burung bersahutan.

Begitu sampai, maka kita akan disuguhi air berwarna biru mengalir dengan tenang, jangan berhenti sampai disitu. Telusuri terus perjalanan hingga akan melihat air terjun dengan warna yang sama. Di sisi yang lain, aliran air akan sampai pada gua dan terus masuk ke bawah tanah.

Bukan sekadar sungai pada umumnya, Sungai Citumang yang dikelola masyarakat sekitar dan Perum Perhutani itu memiliki keunikan lain yang menawarkan pemandangan alam hutan, gua yang terletak di hulu sungai dan aliran air yang jernih.

Keistimewaan dari sungai tersebut, yaitu menyuguhkan keindahan alam dan tantangan petualangan bagi wisatawan untuk menjelajahinya.

Wisatawan baik kalangan anak-anak maupun dewasa dapat menguji keberanian diri dengan turun langsung ke Sungai Citumang pada DAS sepanjang kurang lebih dua kilometer.
 

Kawasan wisata baru di Kabupaten Pangandaran itu kini menjadi primadona, bahkan wisatawan merasa tidak lengkap jika ke Pangandaran tidak mencoba body rafting di Sungai Citumang.

Daerah yang menghadap ke laut Samudra Hindia itu menyuguhkan berbagai keunggulan wisata pantai seperti Pantai Pangandaran yang dapat menyaksikan matahari terbit di Pantai Timur Pangandaran dan matahari tenggelam di Pantai Barat.

Objek wisata yang satu ini, berada di sepanjang garis pantai di Kabupaten Pangandaran yang jaraknya dapat ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan sepeda motor maupun bus.

Apalagi saat-saat libur panjang seperti menyambut Tahun Baru 2019 yang tinggal beberapa hari lagi, Sungai Citumang sudah ramai di serbu pengunjung baik yang datang dari daerah sekitar maupun dari luar daerah.

Sekarang Sungai Citumang menjadi tujuan wisata selain ke pantai Pangandaran. Pada malam hari Pangandaran hanya tempat menginap sambil menikmati pantai, siang harinya pengunjung akan berpetualang di sungai Citumang.

“Sungai Citumang menjadi salah satu tujuan wisata yang strategis dengan pemandangan yang indah, tempat yang redup dan juga mempunyai aliran sungai yang cocok untuk melakukan Arum jeram ," kata Ketua pemandu Rohman, Jum’at (28/12/2018).

Sementara itu, pengunjung yang datang dari kota Tasikmalaya Andika mengaku merasa nyaman dilokasi wisata sungai Citumang ini. Andika sengaja datang berlibur ke sungai Citumang dengan membawa keluarganya.
“Sungai Citumang memiliki keunikan lain yang menawarkan pemandangan alam hutan, gua yang terletak di hulu sungai dan aliran air yang jernih. Sekaligus juga menyuguhkan keindahan alam dan tantangan petualangan bagi wisatawan untuk menjelajahinya,” pungkasnya.

MUKHTAR

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077