15 Desember 2018 | Dilihat: 289 Kali
MAKAM LELUHUR PENDIRI PURBALINGGA DIKEMBANGKAN JADI WISATA EDUKASI RELIGI
noeh21
 

HiTvBerita.com – PURBALINGGA | Kompleks makam-makam leluhur pendiri Kabupaten Purbalingga bakal dikembangkan sebagai wisata edukasi dan religi. Kompleks pemakaman tersebut di antaranya adalah makam Arsantaka, Giri Cendana, Giri Purna, Adipati Onje dan Adipati Wirasaba.

"Harapannya pemakaman ini tidak hanya bagian dari sejarah berdirinya Kabupaten Purbalingga. Akan tetapi ke depan bisa sekaligus menjadi wisata edukasi religi," kata Plt Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi yang berziarah ke makam-makam tersebut, Jum'at (14/12).

Potensi edukasi terkait dengan sejarah Purbalingga yang di masa silam adalah Kadipaten Wirasaba yang menjadi cikal bakal pembentukan 4 Kabupaten, yakni Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas dan Cilacap.

Sedangkan potensi wisata Religi disandangkan mengingat ramainya peziarah yang datang ke makam-makam tersebut. Contohnya area pemakaman Adipati Onje di desa Onje, terkait dengan sejarah syiar pertama Islam di Jawa Tengah bagian selatan yang ditandai dengan berdirinya masjid Sayyid Kuning.

Dalam kesempatan itu, Perwakilan dari Yayasan Arsakusuma selaku trah Arsantaka, HR Bambang Irawan SH yang mendampingi ziarah Bupati menyampaikan ziarah sebagai upaya merefleksikan segala jasa leluhur di masa silam.

Di Makam Giri Cendana, lanjut Bambang Irawan, terdapat makam para mantan Bupati Purbalingga seperti makam Dipokusumo II (Bupati ke-4), Dipokusumo III (Bupati ke-5), Dipokusumo IV (Bupati ke-6) dan Dipokusumo V (Bupati ke-7). Begitu juga dimakam Giri Purna terdapat makam Dipokusumo VI (Bupati ke-8) dan RMAA Sugondho (Bupati ke-9).

"Makam-makam ini memiliki nilai sejarah sepak terjang para pemimpin membangun Kabupaten Purbalingga di masa-masa awal," ujarnya.

Setelah berziarah ke kompleks pemakaman Arsantaka, Giri Cendana dan Giri Purna, Plt Bupati juga berziarah ke makam Adipati Onje di Desa Onje, Kecamatan Mrebet dan Adipati Wirasaba di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja.

Untuk diketahui, Adipati Onje atau Raden Anyokropati dikenal sebagai Bapak dari Arsantaka. Sementara di area Pemakaman Wirasaba terdapat makam Adipati Wirasaba I sampai V.

EKA SEFTY

Terkait

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077