16 Februari 2019 | Dilihat: 322 Kali
Pantai Madasari Di Kabupaten Pangandaran
OBYEK WISATA MENARIK YANG MASIH TERTIDUR ...!
noeh21
 

HiTvBerita.com – PANGANDARAN| Pantai Madasari yang berada di Kabupaten Pangandaran ini, bisa jadi sebagai obyek wisata yang masih asing di telinga. Padahal jika kita bisa melihat langsung kelebihan yang ada di pantai Madasari, betapa mata kita akan terkagum-kagum menikmati keindahan yang dimiliki oleh pantai exsotik tersebut.

Sehingga tidaklah mengherankan jika saat ini sudah mulai banyak berdatangan para wisatawan lokal maupun dari mancanegara, kendatipun fasilitas yang ada disekitar obyek wisata itu masih belum memadai.


Memperkenalkan kelebihan panorama alam yang dimiliki pantai Madasari sebagai salah satu obyek wisata lainnya yang dimiliki Kabupaten Pangandaran, maka terkait dengan itu wartawan HiTv Biro Pangandaran, Mukhtar mencoba untuk menggali lebih jauh “dayatarik” yang dimiliki pada obyek wisata yang masih “tertidur” tersebut dalam sebuah laporan pemberitaan.

Tujuannya adalah untuk mempromosikan keindahan yang dimiliki pantai Madasari kedunia luar, agar nantinya bisa dijadikan sebagai destinasi wisata di Kabupaten Pangandaran, yang patut dikunjungi.

Berikut adalah laporan pemberitaannya!

Selamat mengikuti!      

PANTAI Madasari persisnya terletak di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran. Apabila dilihat di peta, lokasi pantai ini berada tepat di sebelah selatan pantai Batu Karas yang sudah lebih dahulu dikenal, dan merupakan tempat favorit bagi para peselancar karena arus ombaknya sangat ideal untuk kegiatan olah raga surfing.

Jarak antara pantai Madasari dan pantai Batu Karas kurang lebih sekitar 18,5 KM, dan dapat ditempuh waktu sekitar kurang lebih 30 menit.

Tapi jika anda ingin mencoba dengan pengalaman berbeda. Ada jalan setapak yang menghubungkan kedua pantai tersebut yang bisa dilakukan  dengan cara berjalan kaki.  

Dengan cara itu, dipastikan sepanjang jalan setapak yang kita lewati, tentu banyak hal-hal menarik yang dapat kita nikmati.


Antara lainnya adalah, banyak sekali terdapat lokasi obyek foto yang bisa mengabadikan moment-moment penting dengan background batu karang maupun hamparan laut biru yang sangat menakjubkan disepanjang tepi pantai yang anda lewati. Waw keren bukan!?
 
Selain itu anda juga akan mendapatkan berbagai aktivitas kegiatan para wisatawan yang bisa kita temui disepanjang jalan setapak itu, seperti kegiatan bakar-bakar ikan atau ada juga yang melakukan kegiatan memancing di atas curamnya batu karang.

Atau kadang pula kita bisa melihat kecerian sekelompok keluarga yang tengah berenang ditepian laut, atau jika kita beruntung, bisa juga kita melihat sepasang kekasih yang tengah bergandengan tangan dipesisir pantai sambil menikmati nyamannya udara laut.

Pokoknya, dijamin bakalan tertambat hati jika sudah sampai dilokasi pantai tersebut. Maka tidak mengherankan dalam perkembangan belakangan ini pengunjungnya semakin hari semakin ramai saja yang datang ketempat itu.

Dari keterangan yang bisa HiTv kumpulkan disekitar lokasi pantai Madasari, salah seorang warga yang membuka warung jajanan dilokasi obyek wisata menyebutkan bahwa para pengunjung yang datang, sebagian besar warga asli Pangandaran. Namun terkadang ada juga dari luar daerah, bahkan turis dari mancanagara.
 

Berikut adalah rute yang bisa dijadikan patokan untuk menuju pantai Madasari :
Dari Pangandaran menuju ke arah Cimerak, melewati objek wisata Pantai Batu Hiu dan Green Canyon. Dari Cimerak kemudian lurus ke Legokjawa, belok kiri ke Bulakbenda dan sampai di Madasari.

Atau bisa juga dari Cimerak bisa langsung belok kiri ke desa Masawah terus ke Bulakbenda dan langsung sampai ke pantai Madasari.

Namun, disarankan sebaiknya anda ambil jalur Legok Jawa karena di jalan sepanjang perjalanan  anda akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah.


Pantai Madasari biasa juga disebut dengan nama lain. Yakni Bulben (Red- berasal dari singkatan Bulak Benda), secara umum kondisi pantai ini sangat indah dan masih alami.

Sehingga fasilitas penunjang yang tersedia dilokasi obyek wisata yang masih tertidur ini masih dikelola oleh masyarakat setempat.

Pengunjung yang datang ke lokasi itu biasanya agak ramai pada hari Sabtu dan Minggu atau hari libur. 


Selain mempunyai keindahan yang di lengkapi pepohonan yang enak di pandang, pantai Madasari juga mempunyai gelombang ombak yang cocok seperti yang dimiliki oleh pantai Batu Karas.

Oleh sebab itu, sekarang sudah mulai banyak penggemar olah raga surfing mulai berdatangan untuk menjajal ombak laut di pantai Madasari.


Andi seorang warga setempat, menyambut gembira perkembangan yang telah terjadi di pantai Madasari.

Khususnya dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang ke lokasi itu, menurut Andi dapat membantu menggerakan roda ekonomi masyarakat yang ada disekitar pantai Madasari menjadi kecipratan berkah.


Oleh karenanya, ia berharap agar Dinas Pariwisata Pemkab Pangandaran dan juga SKPD terkait lainnya dapat bersinergi untuk membangun fasilitas pendukung obyek wisata di pantai Madasari ini sesegera mungkin.

“Jika lokasi ini sudah tergerap dengan baik, saya yakin ini bisa menjadi sumber pemasukan kas daerah dari sector pariwisata. Namun, sebaiknya juga harus ada campur tangan dari pemerintah daerah untuk membangun fasilitas pendukungnya, seperti lokasi sentra-sentra tempat penjualan oleh-oleh yang bercirikan khas daerah, tempat penginapan dan juga pendampingan untuk cara pengelolaan usaha UMKM yang baik,” terang Andi.

Apa yang dikatakan Andi, senada pula dengan yang dikatakan oleh Tika Kartika, seorang pengunjung yang mengaku datang dari daerah Tasikmalaya.

Ia menganjurkan agar sarana pendukung disekitar pantai Madasari lebih digalakan. Terutama pemerintah daerah harus bisa membangun berbagai fasilitas pendukung yang bisa membuat pengunjung yang datang jadi betah dan bisa berlama-lama ditempat itu.

“Sepertinya harus gandeng investor untuk meramaikan obyek wisata yang sangat indah ini, agar bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi jika datang berkunjung ke Pangandaran,” ujar Tika sedikit berpromosi.


Nah, mungkinkah anda orangnya!?
Ok selamat datang di Obyek Wisata Pantai Madasari Kabupaten Pangandaran!


Dilaporkan oleh:
MUKHTAR|Wartawan HiTv Biro Pangandaran

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077