18 Januari 2019 | Dilihat: 219 Kali
PASCATSUNAMI SEKTOR PARIWISATA LAMPUNG TERUS DIPANTAU
noeh21
 

HiTvBerita.com – LAMPUNG SELATAN | Provinsi Lampung, khususnya Kabupaten Lampung Selatan memiliki potensi wisata pantai yang sangat baik. Kabupaten ini memiliki panjang garis pantai yang mencapai lebih dari 180 kilometer. Namun, berbagai potensi sektor pariwisata ini dikhawatirkan mendapat dampak dari tsunami Selat Sunda yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Komisi X DPR RI pun bertandang langsung ke Lampung Selatan, guna memantau langsung kondisinya.
 
“Komisi X menaruh perhatian yang sangat luar biasa atas terjadinya tsunami yang diakibatkan Gunung Anak Krakatau. Sungguh memprihatinkan yang meninggal banyak, sampai ratusan korban dan kerugian ratusan miliar,” kata Ketua Komisi X DPR RI Djoko Udjianto usai memimpin dialog Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR RI dengan Plt. Bupati Lampung Selatan di Kalianda, Lampung Selatan, Lampung, Kamis (17/1/2019).
 
Oleh karena itu, imbuh Djoko, pihaknya mengingatkan kepada kementerian dan lembaga terkait kebencanaan agar memberikan early warning system kepada daerah-daerah pesisir untuk mengantisipasi bencana gempa bumi maupun tsunami. Sebagai mitra kerja Kementerian Pariwisata, Djoko juga akan mengkomunikasikan dengan jajaran Kemenpar.
 
“Intinya saya pasti harus bicara kepada Kementerian Pariwisata dan juga bicara dengan kementerian terkait yang ada hubungannya dengan kejadian ini, agar daerah-daerah pesisir ini diberi early warning system untuk bencana gempa bumi maupun tsunami,” kata legislator Partai Demokrat itu.
 
Djoko menambahkan, Masa Persidangan III di awal tahun ini akan berakhir pada 14 Februari 2019 mendatang. Ia menjamin kegiatan Dewan tidak akan berhenti. Hasil dari Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI ke Lampung Selatan ini nantinya akan menjadi bahan saat Komisi X DPR RI rapat dengan jajaran Kementerian Pariwisata dan kementerian terkait.
 
“Menata pariwisata beserta infrastrukturnya kita data dulu dan juga pemerintah pasti akan me-redesign. Kita akan mendorong Kementerian PUPR, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan dan sektor pendidikan, mereka harus bersinergi dan kita ingin sektor pariwisata di Lampung Selatan bisa bangkit kembali,” tutup legislator dapil Jateng III ini.

VERTY

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077