20 Januari 2019 | Dilihat: 252 Kali
PERLU INOVASI UNTUK BANGUN PARIWISATA PALU
noeh21
 

HiTvBerita.com - PALU | Pasca terjadinya gempa dan tsunami di Kota Palu, Sigi, dan Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah, berdampak ke seluruh sektor, terutama sektor pariwisata. Banyak lokasi wisata yang rusak akibat gempa dan terjangan tsunami. Salah satu objek wisata yang terkena dampak di Palu adalah Pantai Talise. Pantai Talise terkenal dengan pantai yang memiliki pasir putih dengan ombaknya yang tenang dan memukau. 
 
Melihat kondisi pariwisata Palu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian mengatakan, dalam jangka pendek untuk meningkatkan kembali ekonomi dan pariwisata di Palu harus ada strategi yang tepat, guna memasarkan kembali destinasi yang masih bisa dikunjungi wisatawan. Dan untuk jangka panjangnya, harus dibuat rencana tata ruang dan rencana pariwisata baru.
 
“Kita ingin ada pemikiran yang lebih inovatif dan belajar dari daerah-daerah lain. Kita kirimkan para aparat dan praktisi dunia kepariwisataan ke daerah yang pernah mengalami bencana serupa, agar bisa mengadopsi strategi-strategi yang tepat untuk diterapkan di Palu," ungkap Hetifah saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X DPR RI ke Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (17/1/2019).
 
Legislator Partai Golkar itu meminta data kepada stakeholder terkait, untuk diidentifikasi secara spesifik kondisi sebelum dan sesudah bencana gempa dan tsunami yang menimpa Palu secara detail, agar mengetahui lokasi yang aman dan belum aman untuk dikunjungi wisatawan.
 
“Data-data dan foto yang cukup detail itu akan menjadi basis utama untuk mengetahui mana daerah-daerah yang masih bisa dikunjungi dan aman bagi wisatawan dan menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Palu merupakan daerah sangat luar biasa yang memiliki lebih dari 12 potensi pariwisata yang masih bisa dipetakan,” tutupnya.

IQBAL

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077