25 Januari 2019 | Dilihat: 228 Kali
DELEGASI PARLEMEN AZAD JAMMU DAN KASHMIR PAKISTAN SAMBANGI DPR
noeh21
 

HiTvBerita.com - JAKARTA | Dalam rangka menghimpun informasi seputar sistem Parlemen Indonesia beserta tugas dan fungsi-fungsi yang ada di DPR RI. Parlemen Azad Jammu dan Kashmir Pakistan mengunjungi DPR RI yang diterima langsung oleh Deputi Persidangan Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Damayanti.

Dalam pertemuan itu juga membahas mengenai mekanisme kerja yang ada pada setiap komisi terkait pembahasan Undang-Undang (UU).
 
“Memang dari sistem pemerintah, Indonesia dan Pakistan sangat berbeda. Pakistan menganut sistem Parlementer, sedangkan Indonesia menganut sistem Presidensial," jelas Maya, sapaan akrab Damayanti usai menerima delegasi Parlemen Azzad Jammu dan Kashmir Pakistan, di Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (24/1/2019).
 
Lebih lanjut Maya menuturkan, delegasi juga mempertanyakan terkait masa waktu pembahasan suatu UU dan dasar pembentukan komisi. Delegasi yang dipimpin oleh Mr Shah Ghulam Qadir itu mempertanyakan apakah di dalam pembahasan suatu UU, apabila tidak selesai apakah bisa diteruskan pada periode mendatang.
 
“Tentunya kalau kita di dalam pembentukan komisi berdasarkan dari pimpinan komisi. Saya juga menekankan bahwa di DPR RI lebih mengedepankan musyawarah mufakat, berbeda dengan mereka yang menggunakan sistem voting. Di Indonesia, sistem voting dilaksanakan apabila apabila musyawarah mufakat tidak disepakati,” tutur Maya.
 
Maya sendiri berharap melalui pertemuan ini bisa menjadi sebuah masukan masing-masing negara dalam bekerja.

"Dan saya berharap kedatangan Yang Mulia pada hari ini dapat memberikan manfaat bagi perkembangan hubungan persahabatan dan kerjasama bagi kedua negara, terutama kerjasama antar-parlemen," imbuhnya.
 
Dalam kesempatan itu juga, Maya turut mengajak seluruh delegasi Parlemen Azad Jammu dan Kashmir Pakistan tour building untuk melihat secara lebih dekat Gedung DPR RI dan memahami mekanisme kerja DPR RI yang nantinya juga akan dijelaskan pada dalam tour building tersebut.

"Gedung DPR ini sangat bersejarah, dimana bangunan ini sudah dibangun sejak zaman Presiden Soekarno,” tutup Maya.

DIANA

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077