18 Juli 2019 | Dilihat: 707 Kali
DINAS PENDIDIKAN TAPUT KEHILANGAN MARWA
noeh21
 

HiTvBerita.com - TAPANULI UTARA | Kantor Dinas Pendidikan Tapanuli Utara saat ini tidak memiliki Kepala Dinas dan Sekretaris. Kejadian ini sudah berlangsung setengah tahunan. Akibatnya, segala pengurusan yang berkaitan dengan pendidikan terkendala, termasuk para guru dari kecamatan jauh, juga orang tua didik tak jarang kewalahan hendak mengurus surat yang diperlukanya.

Diketahui sejak kepemimpinan Bupati  tahun 2015, Nikson Nababan melantik Kadis Pendidikan Drs. Jamel Panjaitan, tahun 2017 Jamel pun tertimpa kasus penyuapan, lalu dipecat dari PNS dan untuk mengisi kekosongan ini Kepala Bappeda, Indra Simaremare dititipkan sebagai pelaksana tugas.

Setahun kemudian, Martunggul Simamora dilantik memimpin Dinas dengan gedung baru berlantai 2 itu. Tahun 2018, Martogi Sitorus dilantik jadi Kadis Pendidikan.

Setelah, Nikson Nababan kembali menjabat Bupati Kabupaten Tapanuli, untuk periode kedua di tahun 2019, melantik Marhusa Nababan sebagai Kadis. Namun baru sebulan menjabat, Marhusa Nababan langsung meninggalkan jabatan ini menunjukkan sikap satria Jepang dan sampai saat ini belum ada peryataan resmi dari Marhusa apa penyebab dia meninggalkan jabatan, dan langsung tercatat sebagai pemecah rekor di Taput ada pejabat melepaskan jabatanya.

Setelah Marhusa Nababan meninggalkan Dinas Pendidikan ini kembali lagi Nikson titipkan Indra menguasai permainan sampai detik ini. Hasil pengamatan Wartawan di Kantor pendidikan ini, Nikson sempat merenovasi bangunan lama menjadi bangunan baru dengan dua lantai.

Kantor ini sedikit megah tetapi managemen amburadul, para kabidnya juga silih berganti kurang tepat menjabat di masing-masing bidangnya malah yang terjadi saling sikut-sikutan dan tidak bersahabat dengan Wartawan.

Begitu juga keberadaan para pengawas yang tidak jelas pemberdayaanya, mereka serasa digudangkan dan penempatan para kepsek sangat tidak tepat masih mempertahankan kepsek lama yang kurang berkompeten mengembangkan sekolahnya bahkan sangat banyak sekolah yang tidak memiliki Kepala Sekolah juga fisik sekolah banyak yang tidak layak.

Pengamat Pendidikan berpendapat, secepatnya Bupati Taput harus serius membenahi Dinas vital ini, tempatkanlah Kadis dari kalangan pendidik dan pantas dari deretan Kepsek Taput yang sudah berpengalaman lama dibidangnya, mengerti dunia pendidikan sehingga pas menata Pendidikan Taput untuk lebih maju kedepanya dan bebas dari intervensi oleh siapapun.

ALAIN DELON/NAHOR HUTAGALUNG

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077