20 Juni 2019 | Dilihat: 120 Kali
BERIKAN EDUKASI POLITIK SEJAK DINI
noeh21
 

HiTvBerita.com – JAKARTA | Murid-murid Taman Kanak-Kanak (TK) Risanti I dan TK Risanti II Kebon Jeruk dan TK Risanti IV Meruya yang merupakan binaan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Setjen dan BK DPR RI, melakukan kunjungan edukasi di Gedung Nusantara DPR RIyang diterima langsung oleh Bagian Humas Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI.

Dalam kesempatan itu, Ketua DWP Setjen dan BK DPR RI Tanti Setyanta Nugraha memastikan, pihaknya terus memberikan edukasi politik sejak dini, di sela-sela kunjungan murid TK Risanti di Gedung Nusantara DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (19/6/2019).
 
“Ide untuk mendatangkan murid TK Risanti adalah sewaktu ada kunjungan Pak Sekjen DPR RI dengan jajaran Eselon I ke TK-TK. Kemudian tercetuslah ide untuk ditindaklanjuti hari ini dengan kita menerima kunjungan murid TK ini,” ungkap Tanti.
 
Lebih lanjut Tanti menyampaikan bahwa edukasi politik sedini mungkin bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang kondisi politik ideal yang sebenarnya. Maka dibutuhkan strategi untuk mempertahankan keinginan. Seperti ketika anak-anak diberikan kewajiban untuk belajar, sama halnya dengan keinginan anak untuk memahami Negara Indonesia.
 
“Anak-anak TK ini diajak observasi langsung untuk mengelilingi dan melihat langsung fasilitas yang ada di Gedung DPR. Dimulai dari perkenalan mengenai gambaran Gedung DPR, seminar hingga berfoto bersama di Gedung DPR. Ini merupakan strateginya,” ungkapnya.
 
Tanti juga menjelaskan, edukasi politik sejak dini merupakan konsep pembinaan dan pengembangan potensi anak. Hal ini berhubungan erat dengan pembentukan karakter individu seutuhnya. Dengan harapan, edukasi politik memiliki peran penting dalam menciptakan calon pemimpin masa depan. Dimana masyarakat dapat melek politik sekaligus sebagai bekal kedewasaan berpolitik.
 
“Edukasi politik sejak dini berperan penting sebagai investasi politik di masa depan. Penerapan dan pengenalan sejak duduk di bangku TK pun tidak ada salahnya. Ilmu politik itu harus bisa diperkenalkan sejak fase pendidikan paling rendah,” tutup Tanti.

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077