27 Desember 2018 | Dilihat: 178 Kali
MENINGKAT SIGNIFIKAN KASUS KEKERASAN ANAK DI BIDANG PENDIDIKAN
noeh21
 

HiTvBerita.com - JAKARTA | Sepanjang tahun 2018, kasus kekerasan dan pelanggaran terhadap anak di bidang pendidikan meningkat drastis. Dalam catatan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), ada 445 total kasus kekerasan pada anak di bidang pendidikan.

Angka tersebut meningkat dari tahun 2017 yang hanya 328 kasus. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kasus itu jumlahnya bertambah dari tahun ke tahun.

"Hal ini bisa dilihat dari dua sisi, pertama bahwa angka kekerasan pada anak di bidang pendidikan memang meningkat, dan di sisi lain juga berarti kesadaran masyarakat untuk melakukan pengaduan sudah semakin meningkat," kata Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti di kantornya, Kamis 27 Desember 2018.

Dari total keseluruhan kasus, rinci Retno, kekerasan fisik dan bullying menjadi kasus yang terbanyak terjadi. Bahkan, pelakunya mayoritas berasal dari kalangan Pendidik, Kepala Sekolah dan Peserta Didik sendiri.

Di samping itu, cyber bullying pada tahun 2018 juga meningkat cukup signifikan di kalangan para siswa. Seiring dengan meningkatnya penggunaan internet dan media sosial di kalangan anak-anak, termasuk kasus body shaming.

FIRA

Terkait

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077