24 Januari 2019 | Dilihat: 191 Kali
SISTEM ZONASI MEMOTIVASI SEKOLAH TINGKATKAN MUTU
noeh21
 

HiTvBerita.com – BOGOR |  Demi memotivasi agar seluruh sekolah meningkatkan mutunya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan Sistem zonasi yang pada sekolah-sekolah dalam rangka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).
 
Tanggapan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Reni Marlinawati mengenai pernyataan Walikota Bogor Bima Arya yang keberatan dengan sistem zonasi dalam pertemuan dengan Tim Kunjungan Kerja Komisi X DPR  yang dipimpin Ketua Komisi X DPR Djoko Udjianto di di ruang Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Selasa (22/01/2019)
 
“Saya kira zonasi untuk di Bogor menjadi sesuatu yang tidak tepat. Secara geografis Bogor merupakan kota kecil yang  jumlah sekolahnya juga tidak banyak. Tetapi untuk daerah-daerah yang lain terutama di kota-kota besar, sistem zonasi  itu diperlukan,” kata Reni.
 
Lebih lanjut politisi Partai Persatuan Pembangunan ini menjelaskan,  kalau tidak dilakukan kebijakan zonasi ini, maka tujuan pemerintah dalam rangka pemerataan pendidikan dan untuk mempermudah akses visibilitas dan mobilitas pendidikan bagi masyarakat tidak akan terjadi.

“Siswa-siswi hanya akan tertumpu pada satu sekolah tertentu yang dianggap sekolah itu baik itu,” mantapnya.
 
“Jika  ini terjadi, maka ini tidak akan terjadi pemerataan mutu pendidikan. Karena sekolah bermutu akan  semakin bermutu dan akan semakin banyak peminatnya, sementara yang tidak bermutu semakin tidak ada peminatnya,” tegasnya.
 
“Saya kira dengan adanya mobilitas masyarakat yang sangat tinggi, maka bisa dibayangkan ketika dalam satu waktu semua tertumpun pada satu titik, dari berbagai daerah numplek ke situ, itu akan mengganggu mobilitas masyarakat,” ungkapnya menambahkan.
 
Dalam kesempatan tersebut, Reni menyatakan dukungannya terhadap sistem zonasi dalam PPDB yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Karena sesungguhnya jelas Reni, sistem zonasi ini memotivasi agar semua sekolah meningkatkan mutu, dan tidak ada lagi istilah sekolah unggulan.
 
Sistem zonasi, lanjut anggota dewan dapil Jawa Barat ini,  memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada sekolah-sekolah untuk mengeksplorasi, untuk berkreasi dan  kemudian melakukan kerja sama dengan  berbagai pihak agar  sekolahnya bisa dikenal.

DIANA

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077