04 Mei 2019 | Dilihat: 303 Kali
Komite Aksi Masyarakat Jakarta Utara Menang
AKSI DAMAI DI KPU JAKARTA UTARA
noeh21
 

HiTvBerita.com - JAKARTA | Komite Aksi Masyarakat Jakarta Utara Menang (Kemang) melakukan aksi damai di depan halaman kantor KPU Jakarta Utara, di Jalan Baru Ancol Selatan No. 26, Sunter Agung Jakarta Utara, Sabtu (4/5/2019).

Dalam tuntutannya, Kemang mendesak kepada pihak-pihak yàng terkait dalam penyelenggaraan Pemilu agar bersikap professional, jujur serta memenuhi unsur keadilan seperti KPU, Bawaslu dan Polri.

Kemang menilai Penyelenggaraan Pemilu 2019 ini merupakan Pemilu terburuk sepanjang sejarah bangsa Indonesia. Banyaknya pelanggaran serta praktek kecurangan yang dilakukan oleh salah satu kontestan, ini membuktikan jika KPU dan Bawaslu tidak menjalankan tugas dan fungsinya sebagai penyelanggara dan pengawas Pemilu.

“Penyelanggara Pemilu yang di biayai oleh rakyat hampir 24.9 triliun rupiah, seharusnya mampu mewujudkan pemilu yang demokratis aman, damai dan tertib. Namun sebaliknya justru menjadi pemilu yang berpontensi memecah persatuan bangsa,” ucap salah seorang koordinator aksi damai dari Kemang.

Kecurangan Pemilu 2019, khusus Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sudah tampak selama proses tahapan penyelenggaraan Pemilu hingga pada saat pencoblosan dan penghitungan suara. Dimana salah satu Paslon Capres yang juga pertahana tidak cuti selama proses penyelenggaraan Pemilu.

Sesuai dengan UU Nomor: 7 Tahun 1997, seharusnya Paslon Capres dan cawapres yang masih menjabat baik sebagai Presiden maupun Kepala Daerah harus mengajukan cuti dan atau mengundurkan diri namun kenyataannya dibiarkan saja oleh KPU.

Belum lagi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan selama masa kampanye, tidak ada satupun yang mendapat teguran baik oleh KPU maupun Bawaslu. Ini jelas membuktikan keberpihakan kepada salah satu paslon capres dan wacapres yang notabene sebagai pertahana.
     
Kecurangan lainnya sudah terlihat, dimulai dari kertas suara yang sudah dicoblos sebelum pemilihan dimulai sampai dengan penghitungan hasil pemilihan yang menggunakan aplikasi Situng KPU yang tidak sesuai dengan hasil C 1.

“Bentuk dari praktek pemilu yang kotor penuh dengan kecurangan akan berdampak buruk dalam perkembangan demokrasi berbangsa dan bernegara. Selain itu juga praktek kecurangan pemilu dapat menghasilkan konflik politik ekonomi di dalam masyarakat di sepanjang kekuasaanya berlangsung,” pungkasnya.

Aksi damai yang dilakukan oleh Komite Aksi Masyarakat Jakarta Utara Menang (Kemang) di KPU Jakarta Utara berjalan dengan tertib, lancar dan damai walaupun mendapat pengawalan ketat dari aparat Polres Jakarta Utara. Bahkan Kapolres Jakarta Utara beserta jajaran TNI dari Kodim Jakarta Utara turun langsung kelapangan mengawasi jalannya aksi damai.

Cardy S

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077