10 Januari 2019 | Dilihat: 145 Kali
DANA SAKSI TPS PEMILU 2019 BELUM JELAS
noeh21
 

HitvBerita.com - JAKARTA | DPRD Kabupaten Sijunjung Sumatera Utara mendatangi gedung DPR untuk beraudiensi yang diterima langsung oleh Kepala Biro Persidangan I Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR RI Dimyati Sudja.

Audiensi DPRD Kabupaten Sijunjung terkait konsultasi penerapan simulasi Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan digelar secara serentak pada bulan April 2019 mendatang. Dalam audiensi tersebut Dana saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pelaksanaan Pemilu, menjadi salah satu hal yang ditanyakan oleh tim kunjungan DPRD Sijunjung.
 
“Partai politik dari Kabupaten Sijunjung meminta kejelasan apakah ada dana untuk saksi ada dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 1 Tahun 2018. Sedangkan dalam PP tersebut tidak ada dana untuk saksi. Sehingga PP tersebut harus diubah,” kata Dimyati usai pertemuan di Ruang Rapat Karosid I, Gedung Setjen dan BK DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (10/1/2019).
 
Dimyati melanjutkan, PP Nomor 1 Tahun 2018 tentang Bantuan Keuangan kepada Partai Politik hanya mengatur untuk pasangan calon (paslon) dan pendidikan politik pada masyarakat. Sedangkan dana saksi pada pelaksanaan Pemilu, tidak dibebankan pada PP itu maupun pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 
Senada dengan pernyataan Dimyati, Tenaga Ahli Komisi II DPR RI Fitriya mengatakan, beberapa partai tidak memberikan dana untuk membiayai saksi. Permintaan terkait telah dibahas di Badan Anggaran (Banggar), namun pada akhirnya permintaan itu tidak disetujui.

“Anggaran dana yang dimiliki oleh Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) hanya dialokasikan untuk pelatihan saksi,” tambah Fitriya.
 
Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung Yusni Darti berharap Komisi II DPR RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta Bawaslu bisa menjadikan ini sebagai perhatian yang lebih baik.

“Mudah-mudahan kedatangan kami kesini bisa memperlancar pelaksanaan perhelatan Pemilu di Kabupaten Sijunjung dan tingkat nasional.” tutupnya.

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077